Sering gonta-ganti DBMS-Manager? Gunakan DBeaver Saja

Singkat cerita, kali ini PG sedang dibuat sibuk oleh pekerjaan yang berkaitan dengan Database yang ditujukan untuk kebutuhan desktop. Tentu saja untuk mendukung itu semua PG membutuhkan sebuah Database Management System atau yang lebih familiar disingkat dengan DBMS untuk bisa menghandle dan mengatur semua yang dibutuhkan pada setiap komponen database.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, penggunaan DBMS pun bermacam-macam, disesuaikan dengan kebutuhan dan orientasi untuk apa database itu dibuat. Misalnya program kasir di sebuah minimarket dan swalayan, umumnya menggunakan SQL Server milik Microsoft namun untuk kebutuhan yang berbasis web, biasanya menggunakan MySQL yang pada umumnya sudah menjadi satu paket dalam sebuah cPanel Hosting.

Sering gonta-ganti DBMS-Manager Gunakan DBeaver Saja

Dan untuk ulasan kali ini, PG akan memberikan sebuah solusi kepada kamu yang dalam hal ini sering bergelut dengan Database, dengan artian bahwa disini kamu sering menggunakan beberapa DBMS yang berbeda di saat bersamaan.

Bagi kamu yang sering mengalami kasus seperti diatas, tentunya sangat tidak efisien dan terkesan menyulitkan, karena menurut pengalaman pribadi PG, membuat sebuah rancangan database itu tidaklah mudah.

Untuk kasus semacam itu, PG menyarankan kamu untuk mencoba DBeaver, yaitu sebuah perangkat lunak yang sangat berguna dan dapat kamu andalkan. DBeaver dibuat dan dirancang untuk kamu yang sehari-harinya bekerja dengan database sehingga kamu tidak perlu kebingungan ketika harus menggunakan DMBS manager yang berbeda-beda karena secara umum DBeaver sudah mendukung dan bisa digunakan pada DBMS seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, IBM DB2, Microsoft SQL Server, Sybase dan masih banyak lagi.

Sering gonta-ganti DBMS-Manager Gunakan DBeaver Saja

 

Untuk kamu yang penasaran silahkan langsung saja unduh atau mempelajari dahulu fitur-fitur dari DBeaver melalui tautan berikut.

Homepage : http://dbeaver.jkiss.org

Download : http://dbeaver.jkiss.org/download

Fitur : http://dbeaver.jkiss.org/about

Mengapa DBeaver? Selain ringan dan gratis, DBeaver yang memiliki besar 29MB ini juga sudah tersedia hampir untuk semua platform Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Mac dan Solaris.

Sering gonta-ganti DBMS-Manager Gunakan DBeaver Saja

 

So, bagi kamu yang sering kebingungan karena harus gonta-ganti DBMS-Manager? PG sarankan kamu mencoba DBeaver ini. Sebagai tambahan, selain sudah mendukung banyak DBMS, DBeaver juga sudah bisa kamu gunakan untuk membuat rancangan ERD (Entity Relationship Diagram) seperti contoh pada gambar di atas.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini