Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Kegiatan berkirim sebuah email hingga kini memang masih digunakan baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Ketika kamu mengirim sebuah pesan email tentu saja pesan email tersebut dikirim dalam bentuk teks yang dapat dibaca oleh siapa saja terlebih apabila orang tersebut memiliki akses ke server atau dengan memonitor lalu lintas dari sebuah jaringan. Dan bayangkan apabila email tersebut berisi informasi yang cukup penting, tentunya kamu tidak ingin bukan, isi email kamu tersebut disadap dan dapat dibaca isinya oleh orang lain.

Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Untuk menghindari dan mencegah dari hal tersebut, ada baiknya bila kamu mencoba sebuah Add-on atau ekstensi bagi browser yang bernama Enlocked ini. Secara sederhana dapat PG jelaskan disini Enlocked akan membantu kamu untuk melakukan kegiatan berkirim dan menerima email dengan lebih aman dengan sebuah proses enkripsi tambahan.

Penasaran ingin mencoba? Silahkan kamu unduh saja Enlocked melalui tautan berikut. Untuk saat ini Enlocked bisa kamu gunakan pada hampir semua browser populer seperti Chrome, Mozilla, Safari dan IE tentunya.

Homepage : http://www.enlocked.com

Enlocked Chrome : https://chrome.google.com/webstore/search-extensions/Enlocked

Enlocked Mozilla : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/enlocked

Enlocked Safari : http://www.enlocked.com/downloads/plugins/safari/Enlocked.safariextz

Enlocked IE : http://www.enlocked.com/downloads/plugins/IE/Enlocked4IESetup.msi

Secara otomatis setelah kamu menginstall add-on ini pada browser milikmu, akan muncul sebuah tombol baru ketika kamu membuka dan login pada sebuah layanan email. Untuk saat ini layanan email yang didukung oleh Enlocked ini adalah Gmail, Yahoo, AOL dan Microsoft Live.

Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Sebagai contoh sederhana adalah ketika PG membuka email Outlook dengan menggunakan Chrome, bisa kamu lihat ada sebuah tombol baru “Send Secured”, dan yang kamu lakukan hanya dengan klik tombol tersebuh ketika hendak mengirim email.

Dengan menggunakan Enlocked, email yang akan kamu kirimkan terlebih dahulu dienkripsi dengan menggunakan metode PGP (pretty good privacy) yang tidak membutuhkan kofigurasi serta proses yang rumit, yang perlu kamu lakukan hanya klik tombol “Send Secured” pada email untuk mengirim pesan, dan selanjutnya Enlocked akan meminta kamu untuk memasukkan password email yang hanya diminta pada saat pengiriman email pertama kali saja, dan setelah itu email akan langsung dikirim untuk seterusnya.

Ketika email tiba di kotak masuk, si penerima harus terlebih dahulu mengotentikasi berdasarkan pada alamat email mereka, dan baru kemudian dapat membaca isi pesan tersebut.

Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Semakin Aman Mengirim dan Menerima Email dengan Enlocked

Namun sayangnya untuk versi gratis pengguna hanya bisa mengirimkan maksimal 10 email yang dienkripsi dalam setiap bulannya. Selain tersedia untuk browser, Enlocked juga tersedia untuk perangkat iPhone dan Android. Silahkan kamu kunjungi laman resmi dari Enlocked untuk mengunduhnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini