Search Plus: Ekstensi untuk Menemukan Tab Browser yang Anda Cari dengan Cepat!

Apakah anda adalah orang yang sering bekerja menggunakan internet? Mungkin anda tengah menulis suatu karya ilmiah dengan menggunakan begitu banyak sumber, sembari membuka berbagai artikel online sebagai bahan penulisan anda sehingga tab browser anda berderet-deret?… Saya berani bertaruh bahwa anda pernah mengalami situasi dimana anda terlupa kalimat tertentu yang ingin anda kutip, lalu anda bingung mencari-cari tab sebelah manakah kalimat tersebut berada. Mengecek tab tersebut satu per satu akan cukup melelahkan bukan?

Bila anda fans setia Google Chrome, anda akan merasa sangat terbantu dengan Ekstensi baru dari Chrome, yaitu: Search Plus.

Search Plus adalah ekstensi browser untuk Google Chrome yang memungkinkan anda menemukan tab yang anda cari dari semua tab yang tengah terbuka, tanpa memandang di window manakah tab tersebut berada, dan anda akan bisa mengatur tab yang anda temukan tersebut dengan cepat. Ekstensi ini juga memungkinkan anda melakukan berbagai tindakan seperti mencari teks spesifik dari seluruh tab yang ada, mengumpulkan tab-tab yang anda buka ke dalam satu window saja, memasukkan teks ke dalam judul tab, mengambil image dari berbagai tab yang terbuka, dan sebagainya.

Untuk melaksanakan semua operasi yang baru saya sebutkan tersebut, anda harus terlebih dahulu menginstall Search Plus. Anda dapat menginstall ekstensi Search Plus pada Google Chrome anda dengan mengunjungi tautan berikut:

https://chrome.google.com/webstore/detail/cdpohbejnbclggljmoijjcpdhbaaijfm?utm_source=chrome-ntp-icon

Lalu klik Added to Chrome.

Setelah anda melakukan langkah di atas, maka akan muncul ikon Search Plus sebagaimana gambar berikut ini:

Search Plus: Ekstensi untuk Menemukan Tab Browser yang Anda Cari dengan Cepat!

Bagaimana cara untuk menggunakan Search Plus?

Gampang! Anda tinggal meng-klik ikon seach plus yang terletak di sudut kanan atas Google Chrome anda, lalu memasukkan keyword pada pop-up window yang muncul.

Search Plus: Ekstensi untuk Menemukan Tab Browser yang Anda Cari dengan Cepat!

Pada gambar di atas, saya berusaha mencari dimana terdapat teks bertuliskan Kiki di tiga tab Google Chrome yang tengah saya buka. Dan ternyata… eng ing eng… Search Plus menunjuk kepada Tab Pusat Gratis – Software Gratis – Aplikasi Gratis – PDF Gratis – Freeware – Download Gratis. Ya iyalah ada nama saya karena saya yang menulis artikel di situ. Hohoho… Oke, anda benar, saya cuma numpang narsis. Tapi ‘khasiat’ dari Search Plus ini memang nyata adanya. Anda dapat dengan mudah menemukan teks yang ada di tab tertentu, asal ingat kata kuncinya. Bila anda sudah memilih seperangkat tab, maka anda dapat mengurutkannya berdasarkan urutan asli (Default order), judul (Title), URL, dan waktu membuka tab (Opened Time). Anda juga dapat mengakses semua pencarian anda sebelumnya dengan meng-klik opsi Recent Search

Agar lebih jelas, anda dapat menyaksikan video demo untuk Search Plus berikut ini:

Bagaimana? Ekstensi yang cukup membantu bukan? Nah, karena saya sangat yakin bahwa artikel ini akan bermanfaat bagi anda, jangan ragu-ragu untuk like, tweet, atau plus one artikel ini. Bagikan sebanyak-banyaknya kepada teman-teman anda yang lain, terutama pada mahasiswa yang tengah berkutat dengan penulisan tugas akhir dan setiap kali berjuang mengerjakan skripsinya selalu membuka tab berderet-deret untuk mendapatkan referensi (atau contekan) yang pas dengan tema penelitiannya. Hehe…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini