Satu lagi Aplikasi Gratis Pembuat Screenshot: ScreenSnag!

PG cukup sering mengulas berbagai alternatif aplikasi pembuat screenshot. Antara lain PicPick, Free Screenshot Capturer, Onde Screen Capture, dan yang baru seminggu kemarin, Screen Capturer. Kali ini PG kembali menyediakan satu pilihan lagi untuk kamu yang memerlukan aplikasi screenshot ringan, yaitu ScreenSnag.

ScreenSnag adalah aplikasi desktop yang memungkinkan kamu dengan mudah mengambil foto dari layar komputer kamu. Kamu bisa mengambil foto seluruh layar, sebagian, atau satu elemen window saja dengan hotkey tertentu atau satu klik mouse.

Oke, PG yakin kamu bertanya, “Apa istimewanya aplikasi ini sehingga masih harus diulas lagi kalau sebelum-sebelumnya sudah memadai?” PG mendapati bahwa salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah: aplikasi ini selain bisa menyimpan file berbentuk PNG, BMP, atau JPEG, juga bisa menyimpan file hasil dalam bentuk clipboard.

Selain itu, aplikasi ini bisa memberikan caption sesuai dengan yang kamu inginkan, bisa berupa nama profil kamu di PC/laptop, atau bisa juga berupa teks tertentu. Apa gunanya? Bila kamu seorang pengelola blog atau situs, caption ini bisa menjadi ciri khas kamu, sehingga bila ada yang menggunakan gambar tersebut, maka kamu bisa menuntut orang itu karena melanggar hak cipta milikmu, terbukti dengan adanya caption yang bisa ditelusuri nantinya.

Dan karena pemberian caption ini otomatis, maka kamu bisa dengan mudah membuat gambar-gambar yang kamu gunakan untuk website atau bisnis kamu, serta memperkuat legalitas serta orisinalitas kamu. Walaupun terkesan remeh, ini cukup memberikan efek besar loh.

Tambahan lagi, aplikasi ini memiliki opsi Timer, sehingga bisa melakukan screen capture dalam interval yang kamu tentukan sendiri. Aplikasi ini juga memiliki banyak konfigurasi tergantung situasi yang ingin kamu gunakan. Dengan melakukan setting serta menyimpan profil kamu dalam penggunaan aplikasi, proses screenshot bisa kamu lakukan secara lebih efisien.

Opsi berikutnya, kamu bisa mengatur tingkat transparansi dari screenshot yang kamu buat. Opsi ini jarang sekali ditemukan pada aplikasi screenshot lainnya. Manfaat formalnya tidak ada sih, cuma kamu bisa membuat hasil screenshot yang terkesan keren!

Bila tertarik, kamu bisa mendowload ScreenSnag di:

http://www.wolfcoders.com/download/screensnag.exe

Halaman Utama ScreenSnag

http://www.wolfcoders.com/screensnag/index.php

Setelah prosedur instalasi, kamu akan mendapati interface sederhana ini. Atur sesuai preferensi kamu untuk mendapatkan hasil optimal

Satu lagi Aplikasi Gratis Pembuat Screenshot: ScreenSnag!

Pada tombol file output, kamu bisa mensetting ingin mendapatkan hasil dalam bentuk apa.

Satu lagi Aplikasi Gratis Pembuat Screenshot: ScreenSnag!

Nah, ini adalah opsi untuk menyertakan caption dalam hasil ‘jepretan’ kamu. Dengan meng-enable opsi caption, maka secara otomatis setiap hasil screenshot kamu memiliki ‘tanda tangan’ tersendiri khas milik kamu.

Satu lagi Aplikasi Gratis Pembuat Screenshot: ScreenSnag!

Hasil dari screenshot yang dibuat ScreenSnag adalah sebagai berikut:

Satu lagi Aplikasi Gratis Pembuat Screenshot: ScreenSnag!

Secara umum, aplikasi ini sangat ringan dan bermanfaat. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan sebagaimana diulas PG di atas, aplikasi ini cukup layak untuk kamu gunakan, apalagi bila kamu adalah seorang praktisi internet, blogger, atau peneliti IT yang tidak ingin gambar-gambar yang sudah susah payah kamu buat dipakai dan diakui seenaknya oleh orang lain.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini