Saatnya Meninggalkan Browser Lama Anda – Hey..Memangnya Kenapa??

Dari statistik pengunjung PusatGratis, terlihat bahwa masih banyak yang menggunakan browser versi lama. Internet Explorer 6, Firefox 3.6, dan browser versi lama lainnya masih sering digunakan oleh pengguna. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu semua, tetapi teknologi sangat cepat berubah. Kondisi teknologi dulu dan kini sudah jauh berbeda. Agar bisa mendapatkan manfaat penuh dari perkembangan teknologi internet tersebut, sebaiknya anda segera mengatakan bye-bye kepada browser versi lama anda. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa browser lama sebaiknya segera ditinggalkan :

Saatnya Meninggalkan Browser Lama Anda

1. Browser lama cenderung lebih lambat

Banyak mitos yang berkembang bahwa software yang diupdate biasanya menjadi lebih kompleks, rumit, dan berat. Di dunia browser, mitos ini tidaklah relevan. Hal ini karena di setiap update browser, maka kecepatan menjadi salah satu faktor yang sangat diperhitungkan. Browser versi baru rata-rata jauh lebih cepat dibandingkan dengan browser lama saat digunakan untuk membuka halaman website.

2. Tidak bisa menikmati fitur website secara maksimal

Teknologi internet dan pemrograman sangat cepat berubah. Saat ini sudah banyak website yang mengggunakan teknologi HTML5 dan CSS3 agar lebih interaktif. Fitur-fitur website pun dibuat semakin canggih dengan memanfaatkan teknologi terbaru saat ini. Browser-browser lama belum mengenal teknologi baru tersebut sehingga membuat penggunanya tidak bisa menikmati fitur website secara maksimal. Bahkan, seringkali tampilan website dengan teknologi terbaru akan kacau jika dibuka dengan browser versi lama.

3. Browser lama memiliki security yang masih rendah

Security menjadi alasan nomor satu diupdatenya sebuah browser. Hampir semua browser ketika diupdate selalu menyertakan update security. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan browser dari hack dan exploit yang berbahaya.

Masih ada banyak alasan minor lainnya yang menjadikan browser lama sebaiknya segera ditinggalkan. Misalnya saja dari sisi performa, stabilitas, dll.

Karena itu saya menyarankan anda untuk mengupdate browser yang anda gunakan secara rutin. Apalagi sebagian besar dari browser populer tersebut bisa didapatkan secara gratis.

Versi terbaru setiap browser tersebut bisa langsung didownload dari situs utama mereka disini :

Firefox
Opera
Google Chrome
Internet Explorer
Safari

Menurut saya jauh lebih aman dan nyaman browsing dengan menggunakan browser baru ketimbang menggunakan browser lama. Menurut anda bagaimana?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini