Roboscan Internet Security Free: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

Program Antivirus dan anti-malware merupakan bagian tak terpisahkan dari tiap PC, terutama yang memiliki koneksi langsung ke internet. Ini karena komputer kita sekarang memiliki begitu banyak informasi yang penting bagi diri kita masing-masing. Semua itu bisa terancam hilang bila kita sampai terkena “serbuan” akibat koneksi internet kita yang terbuka sehingga memungkinkan malware yang bertebaran bisa masuk menginfeksi PC atau laptop kita.

Bila kamu masih kurang puas dengan aplikasi antivirus yang kamu gunakan sekarang, mungkin kamu bisa mencoba Roboscan, aplikasi security yang dikhususkan untuk menjaga keamanan koneksi internet. Developernya mengumumkan bahwa aplikasi ini memiliki aplikasi keamanan Dual Engine, terdiri dari BitDefender dan Tera Engine dari Roboscan yang memberikan perlindungan berlapis untuk koneksi internet kamu.

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

Fitur utama lainnya adalah teknologi Smart Scan yang menjadikannya sangat cepat dan efektif dengan menyimpan catatan scan sebelumnya dalam Whitelist untuk referensi di masa mendatang. Firewall juga disertakan sehingga memberikan perlindungan virus secara real time, ditambah lagi aplikasi ini memiliki file shredder terintegrasi yang bisa menghapus data yang tidak kamu inginkan untuk selamanya. User interface-nya bukan hanya menarik, tapi juga memiliki banyak opsi dan setting.

Bila tertarik, kamu bisa mendownload Roboscan Internet Security Free di:

http://www.roboscan.com/home/home_main.aspx

Tapi jangan kaget, master file dari Roboscan cukup besar, yaitu sekitar 144MB. Jadi kamu perlu sedikit bersabar dalam mendownload aplikasi ini.

Interface utamanya terdiri dari enam tab di navigation bar bagian atas. Tab tersebut adalah Security Center, Scan & Clean, Network Protection, Privacy Protection, System Protection dan System Management. Pada saat pertama kali masuk, kamu akan langsung diarahkan ke tab security center yang memberikan kamu status keamanan dari program ini. Versi gratisan dari Roboscan didukung oleh iklan (ad-supported), jadi kalau kamu terganggu, kamu bisa membeli versi Pro di opsi bagian bawah.

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Pada Tab Scan/Clean, Roboscan menyediakan opsi Quick Scan, Basic Scan dan Advanced Scan, yang terakhir digunakan untuk melakukan scan secara mendalam pada direktori file tertentu. Dari kontrol navigasi sebelah kanan, kamu bisa mengakses Quarantine, Uncleaned Items, Scan/Clean History dan Excluded Items.

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Ketika mencoba opsi tersebut, Quick dan Basic scan sangat cepat, karena Roboscan hanya melakukan scan pada direktori yang paling sering diakses serta registry files. Ini juga menunjukkan tingkat resiko (Risk Level) dari file mencurigakan dengan menyatakannya sebagai sangat rendah (Very low), rendah (Low), Normal, tinggi (High) dan sangat tinggi (Very high).

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Developer Roboscan juga menyediakan fasilitas file shredder – ini adalah istilah menghapus file tanpa jejak, yang tidak akan bisa direcovery kembali. Pilih tab Privacy Protection dari navigation bar, dan klik Run. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu memilih dari Recycle Bin atau file dari direktori lokal yang ingin kamu hapus selamanya.

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Meng-klik pada tab System Protection akan memberikan kamu opsi Real-Time Protection dan Self-Protection. Kamu bisa menyalakan parameter proteksi on dan off, atau klik Setup untuk konfigurasi lebih lanjut. Tombol Windows Security Update di sisi kanan bekerja sebagai pemeriksa update dari Windows, akan tetapi hanya untuk update terkait keamanan.

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Kamu juga bisa mengatur berbagai opsi pada window Configuration dari tab System Management. settings terdiri atas Basic settings, Scan/Protection, Update dan Network (Firewall).

Roboscan: Software Penjaga Keamanan Koneksi Internet

 

Roboscan Internet Security merupakan solusi gratisan yang sempurna untuk mengawasi berbagai ancaman virus dan malware, khususnya untuk kamu yang selalu terhubung ke Internet. Setelah saya coba, aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan di komputer bahkan dengan spec yang cukup minim. Aktivitas Roboscan dalam mengawasi ancaman virus dalam hard drive kita juga tidak begitu terasa. Meskipun demikian, software ini masih baru dan masih memerlukan waktu untuk menguji kehandalannya menghadapi berbagai macam virus dan malware yang bertebaran di dunia digital.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini