Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop

Google nampaknya serius meningkatkan performa Google Plus dalam rangka menjadikannya sebagai salah satu jejaring sosial terbaik di dunia. Nampaknya salah satu fitur dari Google Plus, yaitu Hangouts, semakin ditonjolkan oleh Google dan diperkuat agar lebih fungsional. Untuk kamu yang menggunakan Android, mungkin kamu baru menyadari bahwa ketika kamu meng-update Google Talk, maka update yang diberikan adalah perubahan Google Talk menjadi Google Hangouts. Ini merupakan salah satu langkah awal Google dalam mendorong penggunaan Hangouts ke seluruh dunia.

Bukan itu saja, Hangouts kini dapat dengan mudah kamu dapatkan versi desktopnya, kemudian juga dengan pembaruan Google Chrome, Hangouts juga terintegrasi dengan Chrome, dalam artian bila kamu login di Chrome kamu dengan ID Google kamu, maka ketika kamu membuka browser Chrome, Hangouts juga akan terbuka dan siap digunakan. Notifikasi dari Hangouts juga akan disampaikan di browser Chrome kamu. Penasaran untuk memanfaatkan optimasi Google Hangouts ini? Silakan ikuti artikel PG kali ini.

 

Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop!

Untuk mengoptimalkan penggunaan Google Hangouts di PC kamu, terlebih dahulu kamu perlu mendownload software Hangouts for desktop yang bisa kamu dapatkan dari:

http://www.google.com/hangouts

Hangouts akan langsung diinstal ke PC kamu, dan kamu juga dapat menggunakannya sekaligus bersamaan dengan Chrome tiap kali kamu membuka Chrome. Apalagi bila kamu sudah menggunakan Chrome baru yang memiliki notifikasi lengkap.

Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop!

Kamu bisa menerima pesan, melakukan chat, menelepon, bahkan melakukan video call dengan memanfaatkan bar Hangouts yang akan muncul dari system tray PC kamu. Sangat praktis, bukan?

 

Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop!

Menurut informasi dari Blog resmi Gmail, bahkan Hangouts juga diintegrasikan ke dalam akun Gmail kamu. Kamu bisa memanfaatkan semua fasilitas Hangouts dengan cara mengklik kontak yang tersedia di sudut kiri bawah layar Gmail.

 

Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop!

Satu pengembangan lagi dari Hangouts yang patut dipuji adalah, Hangouts memungkinkan kamu untuk melakukan telepon internasional lewat sistem VoIP, juga video call. Biaya yang dikenakan dikatakan akan relatif murah. Namun sistem ini masih belum diberlakukan di Indonesia. Setelah PG periksa, sistem ini baru diberlakukan di AS, Kanada, dan beberapa negara besar lainnya. Sistemnya kurang lebih mirip dengan Skype, dimana kamu diminta untuk berlangganan dengan tarif tertentu yang memungkinkan kamu melakukan panggilan internasional dengan biaya murah.

 

Revolusi Google Hangouts: Kini Terintegrasi dengan Gmail dan Mudah Diakses dari Desktop!

Tampaknya solusi yang ditampilkan pada Google Hangouts ini adalah bagian dari persaingan Google dan Microsoft. Seperti yang kita ketahui, Microsoft membeli Skype untuk memperkuat barisan integrasi hardware software-nya dengan fasilitas telepon dan video call internasional. Google yang tak mau kalah langsung mengoptimalkan Hangouts dengan kemudahan dan fasilitas yang sama. Rasanya tidak sabar ya menunggu akan seperti apa perkembangan fasilitas ini nantinya di Indonesia…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini