Rename Sejumlah File Musik Sekaligus dengan FiRE

Kadang PG bingung saat akan memutar lagu yang ada di dalam folder, karena hanya ada judul tanpa ada nama penyanyi atau albumnya. Tapi PG juga malas jika harus me-rename namanya satu persatu. Sedangkan Windows juga tidak menyediakan cara untuk me-rename file sekaligus. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut? Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini PG akan membahas aplikasi yang bernama FiRE.

FiRE adalah aplikasi yang berguna untuk me-rename nama file secara sekaligus. Selain itu software ini juga bisa langsung mengisi metadata yang ada pada file tersebut. Untuk menggunakannya pertama download terlebih dahulu aplikasinya secara gratis pada link berikut ini:

http://www.softpedia.com/get/System/File-Management/pianomanDylan-FiRE.shtml

Setelah itu lakukan installasi dan jalankan aplikasinya, kemudian klik pada tombol Browse untuk memilih folder yang nama file di dalamnya akan diubah. Nah, kelebihan dari aplikasi ini adalah, kamu tidak hanya bisa merubah namanya saja, tetapi kamu juga bisa mengubah metadata dari file media tersebut. Caranya yaitu klik File kemudian pilih New, setelah itu pilih Metadata Rule.

Kemudian tag darimana kamu mulai untuk mengubah namanya. Sebagai contoh jika file itu merupakan MP3, maka metadata yang bisa kamu ubah yaitu album, artist, comment, composer, title, track, dan year.

Rename Sejumlah File Sekaligus dengan FiRE

Ada juga fitur “match/replace” yang bisa kamu gunakan untuk replace satu kalimat dengan yang lain serta untuk case-sensitive. Jika kamu ingin tampilan yang lebih rapi dan teratur, maka fitur “list” bisa kamu gunakan. Karena dengan menggunakan fitur ini kamu bisa mengubah file ke dalam daftar, bahkan kamu juga bisa memberikan nomor baik nomor regular ataupun romawi.

Karena aplikasi ini bisa dibilang masih baru, mungkin kamu akan menemui beberapa bug. Tapi sejauh ini belum ada kelemahan yang terjadi pada aplikasi ini. Jadi jika kamu ingin mengganti nama dan metadata dari file media secara sekaligus, maka FiRE ini akan sangat berguna. Jika yang ingin kamu rename adalah file biasa, kamu bisa menggunakan Solid Renamer sebagai alternatif.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini