Rapi itu Indah: Memindahkan Program ke System Tray dengan MoveToTray

Apakah selama menggunakan komputer kamu sering membuka banyak aplikasi, bahkan sampai memenuhi Windows Taskbar milikmu? Rasanya sangat tidak rapi bukan? Mungkin kamu seperti halnya PG, rasanya gatal sekali tangan ini ingin menutup semua aplikasi tersebut. Tapi apa daya, aplikasi tersebut masih diperlukan…

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memindahkan aplikasi tersebut ke system tray. Dengan cara ini, maka Windows Taskbar kamu tidak akan terlalu dipenuhi oleh aplikasi, dan display desktop kamu akan terlihat lebih rapi. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi MoveToTray. Aplikasi ini kecil ringan, namun bermanfaat untuk merapikan program-program yang tengah kamu buka. Terlebih lagi, aplikasi ini sangat cocok untuk segala jenis aplikasi Windows, bahkan bersifat portabel, sehingga kamu tidak perlu lagi menginstallnya.

Bila tertarik, kamu bisa coba mendownload MoveToTray dari tautan berikut:

http://www.softpedia.com/progDownload/MoveToTray-Download-183368.html

Setelah prosedur instalasi, kamu akan mendapatkan program ekstensi kecil. Bila kamu meng-kliknya, maka kamu akan mendapatkan ikon MoveToTray hadir di system tray PC atau laptop kamu. Ini menunjukkan bahwa MoveToTray siap untuk digunakan.

Cara menggunakannya, adalah, ketika kamu membuka beberapa aplikasi seperti gambar berikut:

MovetoTray

Maka kamu bisa memindahkan aplikasi-aplikasi yang tengah kamu buka ke system tray, cukup dengan menekan hotkeys Ctrl+Alt+M ketika window tersebut aktif. Maka aplikasi yang tengah kamu buka akan masuk dan bersembunyi ke system tray.

MovetoTray

Bila ingin membuka program tersebut kembali, kamu cukup tinggal meng-klik aplikasi tersebut. Terus terang, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dimasukkan ke dalam system tray dengan cara ini.

Tapi cukup lumayan. Dengan sebuah aplikasi ringan, kamu sudah bisa merapikan berbagai aplikasi yang tengah kamu buka dengan memindahkannya ke system tray. Ini berguna terutama bila kamu menggunakan komputer versi lama yang bila membuka banyak aplikasi sekaligus akan membebani memori.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • vvv

    Saya coba di Windows 7 64Bit dan berhasil.
    Ijin menambahkan, hotkeys [Ctrl] dan [Alt] yang saya gunakan adalah yang terletak di sisi kanan Shift (tidak bisa jika menggunakan hotkeys di sisi kiri).
    Makasih atas share-nya. Salam sukses.