pViewer: Aplikasi Pembaca Gambar, Manga, dan Komik yang cepat dan Ringan

Seperti yang kita ketahui bersama, manga adalah jenis komik populer asal Jepang yang merubah standar internasional terhadap komik. Manga ini menggunakan sistem panel yang mengisahkan adegan secara detil, bahkan terkadang gerakan per gerakan yang akan mengingatkan seseorang akan animasi. Teknik ini menjadikan seseorang merasa menonton film dan bukannya membaca komik.

Popularitas manga bahkan meloncat hingga di Negara-negara barat. Bahkan anak-anak disana dianggap kurang ‘gaul’ jika belum pernah membaca manga atau menonton anime. Bagi kalangan penikmat manga, bertebarannya situs mangascan merupakan anugerah. Karena memungkinkan kita bisa membaca sebanyak mungkin manga tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Nah untuk lebih menikmati karya Bangsa Jepang ini, PG menawarkan sebuah software penikmat manga: pViewer. Ini adalah aplikasi open source yang memungkinkan kamu untuk melihat gambar dan serta membaca manga dalam satu interface.

User Interface aplikasi ini benar-benar dikembangkan agar kamu bisa melihat foto dan membaca buku komik di area yang bebas. Meskipun pViewer merupakan sebuah aplikasi kecil, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur seperti memperlihatkan file sebagai slideshow, membaca data EXIF dari gambar, menambahkan efek dasar pada gambar melalui built-in image editor, shortcut keyboard untuk mengarahkan halaman komik. Aplikasi ini juga dapat mendukung pembacaan komik yang memiliki format file ZIP, CBR dan CBZ, serta menawarkan mode terpisah untuk manga dan komik.

Kamu akan menemukan fitur dan setting dengan melakukan klik kanan pada menu konteks. Luncurkan saja alat ini dan klik kanan untuk membuka image atau komik milik kamu. photo viewer memungkinkan kamu untuk melihat foto baik dalam window atau full screen mode. Kamu bisa melakukan Flip, Rotate atau Resize images, dan mengaplikasikan beberapa efek pada gambar seperti Invert, Grayscale, Add Black dan white border

Kamu bisa mengunduh pViewer di:

http://sourceforge.net/projects/picoviewer/

Setelah prosedur instalasi, kamu akan mendapatkan interface yang sangat minimalis dan sederhana. Klik kanan untuk membuka file kamu.

pViewer: Aplikasi Pembaca Gambar, Manga, dan Komik yang cepat dan Ringan

Untuk melihat file komik, bergantilah ke mode Comic atau Manga terlebih dahulu. Dengan gaya dua halaman seperti halnya tankubon, ini akan menjadikan kamu membaca lebih nyaman.

pViewer: Aplikasi Pembaca Gambar, Manga, dan Komik yang cepat dan Ringan

pViewer: Aplikasi Pembaca Gambar, Manga, dan Komik yang cepat dan Ringan

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini juga menyertakan EXIF Reader untuk melihat informasi metadata dari foto seperti Make and Model of camera, Orientation, ResolutionUnit, DateTime, FNumber, ExposureProgram, ISOSPeedRatings dan sebagainya. Meng-klik Exif Reader dari konteks menu klik kanan akan menunjukkan EXIF data dari gambar yang ada.

Dari menu, klik pada Settings untuk membuka konfigurasi window. Disini kamu dapat men-set beberapa opsi spesifik dari aplikasi seperti melakukan konfigurasi pada Archives unpacking temporary directory, Drawing Settings dan Confirmation Dialogs

pViewer: Aplikasi Pembaca Gambar, Manga, dan Komik yang cepat dan Ringan

Oke. Selamat membaca komik favorit kamu di pViewer. Apa manga favorit kamu? Silahkan berbagi di kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini