PowerCmd: Software Alternatif untuk Command Prompt di Windows

Menggunakan perintah prompt (DOS prompt) atau lebih familiar disebut dengan command prompt pada Windows, umumnya memang terbilang kurang menarik dan membutuhkan pengetahuan khusus mengenai perintah-perintah apa saja yang harus di ketikkan untuk bisa mengakses suatu file dan mengakses fitur yang ada di command prompt tersebut.

Selain terbilang awam untuk di gunakan oleh orang umum, command prompt juga memiliki interface yang kurang menarik dan lekas membuat pengguna bosan dan tidak betah berlama-lama, apalagi untuk pengguna pemula.

PowerCmd : Software Alternatif untuk Command Prompt di Windows

Untuk itu, kali ini PG akan bagikan sebuah program alternatif sebagai pengganti command prompt yang bisa kamu gunakan secara gratis di komputer maupun laptop kamu dengan Sistem Operasi Windows tentunya.

PowerCmd, adalah program alternatif sebagai pengganti dari command prompt bawaan milik Windows yang sudah ada, pada dasarnya PowerCmd memilik fungsi utama yang sama seperti command prompt, hanya saja program ini sudah di lengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang tentunya sangat berguna dan dapat membantu dalam pengoperasiannya, terutama untuk pengguna pemula sekalipun.

Berikut adalah fituf-fitur dari PowerCmd :

  • Dilengkapi dengan fitur tab (open new tab)
  • Integrasi ke Shell
  • Teks style yang dapat di rubah
  • Fitur Bookmarks pada line atau baris yang diinginkan
  • Dilengkapi dengan command prompt history
  • Auto Save Log
  • Fitur Highlight pada kata kunci dan konsol
  • Toolbar Quick Launch
  • Auto Complete (berguna bagi kamu yang lupa command)
  • Dapat di atur (reconfiguration) dengan sedemikian rupa.

PowerCmd : Software Alternatif untuk Command Prompt di Windows

 

Bagi kamu yang penasaran silahkan langsung saja di unduh melalui tautan berikut ini.

Homepage : http://www.powercmd.com

Download PowerCmd : http://www.powercmd.com/Install_PowerCmd.exe

 

Salah satu fitur penting yang ada pada PowerCmd dan sangat berguna menurut PG adalah fitur auto complete commandnya, karena tidak semua pengguna bisa mengingat semua perintah-perintah yang ada pada command prompt.

Contoh sederhananya seperti gambar di bawah ini, ketika PG ingin mencoba masuk ke dalam direktori “Pusatgratis”, secara langsung PowerCmd akan menampilkan direktori yang relevan sesuai dengan apa yang ingin PG tuju.

PowerCmd : Software Alternatif untuk Command Prompt di Windows

 

Bagi kamu yang masih bingung dengan perintah command prompt, kamu bisa mengetikkan “help” pada command prompt untuk mengetahui semua perintah yang ada di command prompt. Dan untuk kamu yang ingin mengkonfigurasi tampilan dari PowerCmd kamu bisa mengakses tab “tools > preference” pada bagian atas PowerCmd untuk merubah settingan dari tampilan PowerCmd di komputer milikmu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini