PicBackMan: Backup Semua Foto di Jejaring Sosial Kamu Secara Otomatis

Sekarang ini memang banyak sekali layanan online yang menawarkan ruang penyimpanan file, baik itu musik, video, dokumen dan foto. Namun sangat sedikit juga yang menggunakan layanan tersebut. Seringkali alasan mereka untuk tidak memanfaatkannya bukan karena tidak tahu, namun mereka merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusnya.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

Ada banyak layanan online yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto, misalnya saja DropboxBoxPicasaFlickr dan masih banyak lagi. Namun mungkinkah bisa kesemua layanan tersebut diakses hanya dengan satu tools saja? Yap..Sangat mungkin jika kamu menggunakan PicBackMan. PicBackMan adalah sebuah software gratis yang berguna untuk menyimpan foto dari berbagai akun jejaring sosial yang kamu miliki seperti Facebook, Instagram dan Foursquare ke Flickr, Picasa, Smugmug, Dropbox, SkyDrive, dan Box.net. Penasaran dengan software ini? Berikut PG akan jelaskan dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk bisa mendownload software ini, terlebih dahulu kamu harus mengunjungi halaman utamanya di:

http://www.picbackman.com/

Setelah kamu selesai mendownload dan menginstallnya. Kemudian kamu harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis yang akan digunakan untuk mengidentifikasi semua akun yang tersedia dalam PicBackMan.

Isikan Email, Password dan ulangi Password kamu tersebut di form Register.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

 

Jika kamu melihat pesan “Thank you & welcome to PicBackMan”. Itu menandakan akun telah aktif dan kamu bisa langsung Login, dengan memasukkan email dan password yang telah kamu daftar kan tadi.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

 

Setelah Login, kamu akan melihat dua daftar kategori. Kategori pertama terdapat Flickr, Picasa, Smugmug, Skydrive, Dropbox, Box, dan Facebook adalah cloud storage untuk menyimpan foto, sedangkan daftar kedua Facebook, Instagram dan Foursquare adalah jejaring sosial yang dapat terintegrasi dengan layanan PicBackMan.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

 

Hubungkan semua akun yang ingin kamu gunakan dengan menge-klik tombol Connect. Jika sudah terhubung tombol akan berganti warna menjadi hijau.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

 

Kemudian kamu bisa beralih ke menu Backup, disana kamu akan di sediakan dua pilihan. Associate Folder digunakan untuk membuat cadangan foto dari komputer kamu, sedangkan Associate Account untuk akun jejaring sosial Facebook, Instagram dan Foursquare. Dan klik Upload untuk memulai membackup foto.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

 

Dan kesemua file foto yang kamu upload akan tersimpan ke dalam cloud storage yang telah kamu tentukan tadi. Sebagi contoh PG mencoba memeriksa di akun Dropbox, dan hasilnya terdapat sebuah folder “Instagram” dengan berbagai foto yang ada di dalamnya.

PicBackMan: Tools Backup Foto Gratis dengan Kemampuan Ekstra

Dengan menggunakan PicBackMan, kamu dapat dengan mudah untuk membackup berbagai foto yang kamu punya. Software ini akan terus memonitor jika terdapat foto baru yang terdapat di komputer dan jejaring sosial yang terhubung, lalu akan secara otomatis membuat file backup. Terlebih lagi kamu dapat mengoptimalkan bandwidth ketika sistem komputer kamu dalam keadaan idle. Bagaimana, sangat bermanfaat bukan? Langsung saja bisa kamu mencobanya. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini