Periksa Bad Sector di Hard Disk Kamu dengan Windows Surface Scanner

Kalau kamu mulai merasa bahwa hard disk kamu lambat saat diakses, seringkali gagal ketika kopi paste atau install program, seringkali berat dalam membuka file atau aplikasi, maka ada kemungkinan terjadi bad sector di hard disk kamu. Tidak seperti keyakinan orang kebanyakan, Bad sector tidak hanya terjadi apabila hard disk jatuh atau terkena benturan. Seringkali ‘dipaksa’ bekerja berat (menjalankan aplikasi-aplikasi besar atau multitasking) juga berpengaruh terhadap timbulnya bad sector. Bagaimana kita bisa tahu bahwa ada bad sector di hard disk kita? Kamu bisa menggunakan Windows Surface Scanner!

Periksa Bad Sector di Hard Disk Kamu dengan Windows Surface Scanner

Ini merupakan software gratisan yang powerful, yang mana dengan cepat bisa menscan hard drive kamu dan memungkinkan kamu tahu apabila ada eror fisik. Jadi kamu tahu penyebab seringnya terjadi crash atau gagal sistem di hard disk kamu. Software ini akan membaca tiap sektor dari fisik hard disk kamu. Aplikasi ini dapat digunakan di OS XP, Vista, maupun Windows 7.

Pertama-tama, kamu harus menekan tombol ‘Mount’. Ini akan memberitahukan sistem kamu akan adanya kerusakan fisik pada drive yang dimasukkan. Berikutnya akan muncul daftar dengan kotak centang untuk masing-masing drive. Kamu bisa memilih drive tertentu untuk di-scan.

Periksa Bad Sector di Hard Disk Kamu dengan Windows Surface Scanner

Periksa Bad Sector di Hard Disk Kamu dengan Windows Surface Scanner

Gunakan kotak centang di sebelah kiri drive untuk mengindikasikan drive mana yang ingin kamu scan dulu. Sekali lagi hanya satu drive dulu yang bisa di-scan.

Tekan tombol ‘Scan’. Ini akan memulai proses scan terhadap permukaan disk di drive yang dipilih. Seiring kemajuan proses scan, maka progress bar akan bergerak maju dan akan muncul indikator persen yang menunjukkan hasil kerja software ini.

Penghitung ‘sector’ akan muncul dan memberikan indikasi bahwa software benar-benar melakukan prosedur scan terhadap permukaan drive kamu. Sebagai tambahan, ada juga indikator “waktu” yang akan memberikan perkiraan sebagaimana halnya scan yang tengah dilaksanakan. Hitungan waktunya fluktuatif jika ada beberapa bad sector yang dijumpai pada hard drive.

Periksa Bad Sector di Hard Disk Kamu dengan Windows Surface Scanner

Terakhir, akan ada indikator ‘Error’. Indikator ini akan semakin berkembang tiap kali software menemukan bad sector.

Kamu bisa mendapatkan Windows Surface Scanner dari:

http://www.dtidata.com/free_data_recovery_software/windows_surface_scanner.exe

Halaman utama Windows Surface Scanner

http://www.dtidata.com/windowssurfacescanner/

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui apakah ada kerusakan berupa bad sector pada hard disk kamu atau tidak. Ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bila kamu ingin membeli hard drive baru karena kemungkinan hard drive kamu mengalami kerusakan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • susanto

    klo dah kena bad sector.. buang ja di kali…

  • Ketut Landra

    kalau udah tau hardisk kita bad sector bisa di perbaiki ngak