Pantau dan Awasi Aktivitas Online Anak Dengan Qustodio

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Jangankan orang dewasa, bahkan anak-anak pun sudah banyak yang bergantung pada internet. Para orang tua tentunya sangat was-was dengan hal tersebut. Karena kecanggihan tekhnologi sudah membuat anak-anak mudah untuk browsing di internet dan melakukan segala hal yang mereka inginkan.

Lalu bagaimana caranya untuk mengawasi dan mengontrol apa saja yang dilihat anak di internet? Kali ini PG akan membahas tentang software yang bisa kamu gunakan untuk memantau segala kegiatan online yang dilakukan anak.

Qustodio adalah program parental controls yang bisa digunakan sebagai filter dan monitor aktivitas anak di internet. Qustodio dilengkapi dengan panduan built-in setup. Aturan dan pengaturan Qustodio dikendalikan melalui internet, sedangkan pelaksanaannya dilakukan melalui client yang harus diinstal.

Qustodio bisa didownlaod disini:

http://www.qustodio.com/

Kemudian double klik pada file installer untuk memulai proses instalasi. Qustodio perlu diinstal secara individu pada setiap komputer yang ingin dipantau, namun kontrolnya terpusat di web. Dengan begini kamu bisa mengelola semua perangkat yang terkait dengan akun Qustodio kamu.

Pantau dan Awasi Aktivitas Online Anak Dengan Qustodio

Dashboard online dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah Activity Summary dan yang kedua yaitu Time Allowance.

 

Adapun data yang ada pada Qustodio yaitu :

  • Penggunaan internet selama 14 hari terakhir.
  • Gambaran aktivitas web browsing, search engine dan social network.
  • Macam device yang digunakan.

Pantau dan Awasi Aktivitas Online Anak Dengan Qustodio

Activity Summary akan me-refresh setiap 3 jam. Qustodio dilengkapi dengan metode pemblokiran situs tertentu. Ada 4 opsi yang disediakan oleh Qustodio yaitu:

Website Categories

Dengan opsi ini kamu bisa mengatur jenis website untuk anak ataupun orang dewasa.

Website Exceptions

Opsi ini akan mengatur pengecualian untuk situs web yang bida diakses ataupun yang tidak bisa diakses.

Uncategorized Website

Uncategorized Website akan secara otomatis mengizinkan atau memblokir situs web yang tidak ada pada kategori sesuai perintah yang kamu berikan.

Safe Search

Safe Search adalah opsi untuk menganalisis dan memanipulasi search engine untuk menghapus situs atau link tertentu yang tidak pantas untuk dilihat anak-anak.

Pantau dan Awasi Aktivitas Online Anak Dengan Qustodio

Qustodio juga bisa membatasi waktu anak saat melakukan aktifitas online. Dengan menggunakan fitur Internet Usage Schedule, Qustodio akan menetapkan jadwal yang secara otomatis mengaktifkan dan menonaktifkan internet pada device anak tertentu.

Qustodio juga bisa mengatur hal-hal sebagai berikut:

  • Memblokir akses internet tapi mengizinkan penggunaan komputer.
  • Blok akses intrnet dan mengunci komputer.
  • Mengirim pesan saat batas waktu dilanggar oleh anak-anak.

Pantau dan Awasi Aktivitas Online Anak Dengan Qustodio

Qustodio akan menjadi alat yang bisa digunakan untuk selalu memonitor dan mengawasi aktivitas online anak, dan kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Selain Qustodio, kamu juga bisa mengawasi sekaligus membatasi aktivitas anak saat berinternet menggunakan software gratis Kurupira.

Ya..teknologi komputer dan internet memang bagai pedang bermata dua, di satu sisi sangatlah bermanfaat dan di sisi lain bisa juga merugikan. Kita sangat berperan penting untuk menjaga agar anak-anak tidak mendapatkan dampak negatif dari teknologi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini