Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

Setiap hari program antivirus dan security di komputer kita harus mengantisipasi ribuan virus dan malware yang tersebar dimana-mana, apalagi jika kamu adalah seorang praktisi internet aktif. Ini menjadikan kamu perlu rutin melakukan update terhadap aplikasi antivirus yang kamu miliki. Akan tetapi muncul terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi Cloud, yaitu antivirus yang aktif dengan memanfaatkan server induk dari aplikasi antivirus tersebut sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan update database antivirus dan sebagai gantinya tinggal memanfaatkan jaringan internet serta cloud server yang tentu saja memiliki database lengkap untuk menangani masalah virus kamu.

Nah, salah satu perusahaan antivirus ini, Panda Security, baru-baru ini meluncurkan Panda Cloud Antivirus 2.0, dengan kemampuan kinerja scan yang 50% lebih cepat, memiliki database virus yang terpercaya serta scan engine yang sudah berkembang.

Tertarik untuk mencoba teknologi Cloud Antivirus yang disediakan Panda? Kamu bisa mendownloadnya melalui:

http://acs.pandasoftware.com/cloud/PandaCloudAntivirus.exe

Halaman Utama Panda Cloud Antivirus :

http://www.cloudantivirus.com/en/forHome/

 

Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

Oya, ketika melakukan instalasi, installer akan menawarkan untuk menginstall Panda Toolbar, menjadikan Google sebagai mesin pencari utama, dan MyAsk Toolbar. Pastikan kamu menghilangkan centang di opsi tersebut, karena saya yakin kamu tidak bertujuan untuk menginstall aplikasi tersebut.

Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

User Interface Panda Cloud Antivirus memiliki empat tombol di layar utamanya, yaitu Antivirus, Processes, Firewall dan Vaccine (dua opsi terakhir hanya tersedia di versi Pro yang bisa kamu dapatkan secara berbayar).

Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

Bila mengklik Processes maka kamu akan mendapatkan laporan program yang dibuka (Executed programs report). Window ini akan memonitor program yang tengah kamu jalankan dan kamu proses meliputi nama, klasifikasi, koneksi HTTP, status, dan tanggal Scan terakhir.

Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

Untuk melakukan scan, klik pada Antivirus di home screen. Akan muncul tiga opsi scan yaitu Optimized Scan, Full Scan dan Scan other items. Setelah memilih opsi, kamu bisa mengklik Scan now, untuk memulai proses. Karena aplikasi ini menyediakan perlindungan secara real-time, maka Panda akan secara otomatis menghapus file-file mencurigakan yang ditemukan di komputer kamu ke recycle bin (daftar karantina file), yang bisa diakses juga melalui layar ini.

Panda Cloud Antivirus 2.0: Teknologi Baru Cloud Antivirus

Advanced settings berisi beberapa opsi spesifik terkait Scan, Recycle bin, Warning and Reports, dan Exclusions. Pada tab scan, kamu bisa mengatur Detection of PUP, Behavioral blocking, Behavioral analysis, Scan compressed files in on access scans dan sebagainya. PG sarankan kalau kamu belum begitu paham pengaturannya, biarkan saja di posisi default untuk penggunaan aplikasi optimal.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang terhubung dengan internet 24 jam – PC dengan koneksi kabel – karena teknologi Cloud ini cukup berat kalau digunakan di modem yang mobile, serta tentu saja memakan bandwidth kamu. Silahkan rasakan sendiri bedanya dengan aplikasi antivirus standar!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini