Opera 11.10 telah Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya??

Opera terbaru yaitu Opera 11.10 telah dirilis pada 12 April 2011 yang lalu. Sudah banyak sekali yang mendownload browser opera versi terbaru ini, namun tidak banyak yang mengetahui dan memanfaatkan fitur-fitur andalan terbarunya. Apa saja fitur terbaru di Opera 11.10 ini? Mari kita lihat lebih dalam lagi!

Opera 11.10 telah Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya??

Sebelumnya melihat fitur baru pada Opera 11.10 ini, bagi anda yang belum mendownload dan menginstallnya, anda bisa mendownload browser Opera 11.10 secara gratis disini:

http://www.opera.com/browser/

Bagi anda yang sudah menginstall, mari kita coba bersama apa saja fitur andalan baru di Opera 11.10 ini.

1. Tab Stacking

Tab Stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri. Bagaimana caranya?

Hal yang perlu anda lakukan hanyalah membuka situs yang anda inginkan melalui tab – tab seperti biasanya. Untuk mengumpulkan tab – tab tersebut, cukup geser saja tab yang anda inginkan dan tumpuk di tab yang ingin anda kumpulkan

Fitur Tab Stacking pada Opera

Dan voilaa…tab tersebut akan berkumpul menjadi satu! Coba hover saja mouse anda di atas tab tersebut, maka anda bisa memilih untuk membuka tab manapun yang ingin anda buka.

Fitur Tab Stacking pada Opera

Untuk mengeluarkan kumpulan tab tersebut, anda cukup drag saja tab yang ingin anda keluarkan keluar dan letakkan di bagian tab yang kosong. Atau anda juga bisa klik Tombol panah yang ada disamping kanan dari kumpulan tab untuk mengeluarkan semua tab dari kumpulannya.

Fitur Tab Stacking pada Opera

Fitur ini sangat berguna bagi anda yang terbiasa membuka banyak tab sekaligus. Sangat memudahkan daripada anda harus membuka tab secara berurutan dari kiri ke kanan dengan jumlah yang banyak.

2. Mouse Gesture

Fungsi ini adalah untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali. Cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda di browser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.

Fitur Mouse Gesture pada Opera 11.10

Misalkan saja untuk memberikan perintah back pada browser, cukup klik tahan tombol kanan mouse kemudian gerakkan mouse ke kiri. Untuk memberi perintah next, lakukan hal yang sama tetapi gerakkan mouse ke kanan. Jika anda sudah terbiasa memanfaatkan mouse gesture ini, anda akan merasa sangat nyaman dan bisa menggunakannya dengan cepat.

3. Mendukung Extensions.

Opera 11.10 sudah Mendukung Extensions

Jika Mozilla Firefox didukung oleh add on, maka Opera 11.10 ini juga didukung oleh Extensions. Ada banyak sekali extensions yang menarik dan bermanfaat yang bisa anda download secara gratis di halaman extensions dari opera. Halaman extensions dari opera bisa anda buka disini:

https://addons.opera.com/addons/extensions/

4. Seperti pada versi-versi sebelumnya, Opera 11.10 tetap dilengkapi dengan Opera Turbo yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses browsing anda melalui berbagai macam kompresi data.

Fitur Opera Turbo Pada Opera 11.10

Fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (Wifi umum, dsb). Ini juga bisa anda gunakan untuk menghemat biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.

5. Tetap dilengkapi dengan Speed Dial, namun kini speed dial dari Opera 11.10 ini memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Anda bisa mengubah background dari opera speed dial dengan mudah melalui menu konfigurasi yang telah disediakan.

Fitur Speed Dial Pada Opera 11.10

6. Dilengkapi dengan Opera Link untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes, dan data lainnya antara browser opera di komputer anda dan browser opera di device anda (Opera Mobile, Opera Mini, dll). Fitur ini sudah ada sejak beberapa versi opera sebelumnya.

7. Memiliki Password Manager

Fitur Password Manager Pada Opera 11.10

Seperti halnya browser lainnya, password manager opera bermanfaat untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan username tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda. Namun saya menyarankan anda untuk menggunakan software password manager seperti KeePass password Safe ataupun Sticky Password Manager daripada menggunakan password manager bawaan dari Browser. Selain lebih aman, juga memiliki pengaturan yang lebih fleksibel.

8. Memiliki fitur zooming yang fleksibel.

Fitur Zoom Pada Opera 11.10

9. Didukung oleh fitur opera unite

Opera 11.10 sudah mendukung Opera Unite

Opera Unite adalah fitur gratis dari opera yang memungkinkan anda untuk berbagi content seperti foto, video, musik, file dan folder tanpa harus mengupload terlebih dahulu di online storage. Berbagai macam aplikasi Opera Unite ini bisa anda download secara gratis disini:

http://unite.opera.com/applications/

10. memiliki banyak skin untuk memodifikasi tampilan browser opera anda. Skin tersebut bisa anda download secara gratis disini:

http://my.opera.com/community/customize/skins/

Pilihan Skin yang Bervariasi untuk Opera 11.10

Fitur-fitur lainnya masih hampir sama dengan fitur opera sebelumnya, hanya saja memang banyak yang sudah mengalami berbagai peningkatan dan optimasi. Bagi anda yang sudah mendownload dan menginstall Opera 11.10, silahkan langsung mencoba berbagai fitur browser opera 11.10 diatas. Selamat mencoba.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • yudha

    wah
    browsing jd seru ne mas
    makasih banyak mas buat sw & info yg sgt b’guna ini
    jaya terus PG !

  • ngopreknyo!

    thanks lengkap nih reviewnya,
    coba direview juga cara ngoprek browser operanya kalo memang ada….biar tambah maknyos boss!