O&O Speed Check: Simulasi Waktu Defrag dan Manfaatnya

Salah satu hal yang perlu kita lakukan secara reguler agar PC atau laptop tetap berada dalam kondisi optimalnya adalah melakukan defrag. Sistem ini dirancang dalam OS Windows untuk menata ulang data-data yang bertebaran di hard drive kamu. PG akan ceritakan sedikit apa yang sebenarnya terjadi di dalam piringan hard disk yang semakin pipih ini. Tiap kali ada data masuk, maka data baru tersebut langsung ditempatkan pada ruang baru yang kosong. Namun, bila kamu menghapus sebuah data, maka data itu tidak terhapus secara otomatis, namun dia tetap ada di dalam hard disk, hanya saja dibaca oleh OS sebagai data kosong. Peran defragmenter disini adalah mengatur agar lokasi-lokasi penyimpanan yang ‘bolong’ karena data yang semestinya tidak ada tadi, diisi dengan data yang paling baru masuk. Selain itu, sistem ini akan menata data kamu agar berurutan dan mudah diakses. Hasilnya, selain mendapatkan ruang kosong baru, defrag juga akan menjadikan akses kamu terhadap data lebih cepat karena sudah teratur rapi dan berurutan.

Dari gambaran tersebut, terbayang bagi kita bahwa prosedur defrag memang memakan waktu cukup lama karena fungsinya adalah melakukan manajemen data. Duh, jadi bakalan lama nih tiap kali kita defrag?

Kalau kamu mengkhawatirkan waktu defrag kamu serta juga ingin tahu manfaat apa yang bisa kamu peroleh dari prosedur defrag nantinya, kamu bisa menggunakan software simulasi defrag: O&O Speed Check.

O&O Speed Check: Simulasi Waktu Defrag dan Manfaatnya

O&O SpeedCheck adalah tool portabel yang bisa mensimulasikan pembacaan file dari sektor yang difragmen atau di-defragmen dari hard disk kamu. Aplikasi ini akan menghitung waktu yang dibutuhkan untuk membaca data dari sektor yang di-fragmen dan di-defragmen serta menunjukkan kemungkinan peningkatan kinerja yang bisa kamu peroleh setelah prosedur ini.

Interface dari O&O Speed Check sangat sederhana dan hanya memungkinkan kamu untuk melakukan fungsi simulasi defrag saja. Klik “Run” untuk mulai melakukan simulasi.

O&O Speed Check: Simulasi Waktu Defrag dan Manfaatnya

 

Prosedur simulasi akan segera dimulai dan kamu perlu menunggu dengan sabar.

O&O Speed Check: Simulasi Waktu Defrag dan Manfaatnya

 

Dari hasil penilaian O&O Speed Check dapat diketahui bahwa perkiraan waktu defrag yang dibutuhkan adalah sekitar 3 menitan. Sebagai catatan, waktu singkat ini adalah kalau hard drive kamu di-defrag secara reguler sebelumnya sehingga tidak banyak perbaikan yang dibutuhkan. Sedangkan kolom penilai menunjukkan ada kemungkinan peningkatan performa sebesar 7%. Kalau hanya sekecil ini, mungkin kapan-kapan saja ya kita defrag lagi. Hehe…

O&O Speed Check: Simulasi Waktu Defrag dan Manfaatnya

Oya, jangan salah. O&O Speed Check ini bukanlah pengganti opsi analisis. Jadi dia tidak menunjukkan perlunya hard drive kamu didefrag atau tidak, tapi menunjukkan perkiraan peningkatan performa bila kamu melakukan defrag.

Kamu bisa mendapatkan O&O Speed Check di:

http://www.oo-software.com/en/download/current/oospeedcheck

Setelah menggunakan tool ini, maka kamu bisa mengambil keputusan lebih lanjut, apakah ingin melakukan defrag sekarang atau nanti. Sedangkan untuk mendefrag, kamu bisa memanfaatkan tool bawaan Windows kamu, atau mungkin menggunakan Disk SpeedUp atau Iobit Smart Defrag 2. Selamat melakukan defrag!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini