OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

Windows 8 bukanlah sesuatu yang baru lagi, Start Screennya di penuhi dengan shortcut aplikasi desktop dan aplikasi windows 8. Shortcut tersebut disebut dengan Tile yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Namun Tile tidak bisa kita atur sendiri semau kita, kita tidak bisa mengganti icon, warna dan nama aplikasi.

Namun PG menemukan software gratis yang akan membantu kamu untuk mengganti icon, nama dan warna Tile di Windows 8, software ini bernama OblyTile. Kamu bisa mengganti icon, warna dan nama semau diri kamu menggunakan OblyTile.

Untuk bisa menggunakan OblyTile, kamu hanya perlu mendownloadnya dan tidka perlu menginstallnya. Karena OblyTile adalah software portable.

Download OblyTile

http://www.xdafileserver.nl/index.php?dir=Other/Oblytile

Tampilan OblyTile sangat simpel dan mudah untuk digunakan, ada field dan keterangan untuk field itu.

OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

 

Pertama-tama beri nama shortcut di tile name, kamu juga bisa menghilangkan nama tile dengan mencentang Hide Tile Name. Setelah itu pada Program path pilih file aplikasi yang berformat .exe. Jika kamu mempunyai gambar icon kamu bisa menambahkannya di Tile Image, kalau kamu hanya ingin mengubah background warna tile kamu bisa menggunakan Tile Background color. Jika kamu mempunyai nama tile dan ingin mengubah warnanya, ada di menu Tile Text Color. Setelah kamu mengisi semua field yang dibutuhkan, klik Create Tile.

OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

 

Setelah muncul notifikasi “The Tile has been Created” berarti Tile sudah terbuat.

OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

 

Kamu tinggal ke Start Screen untuk melihat Tile yang telah kamu buat sendiri.

OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

 

Untuk menghapus Tile yang buat dengan OblyTile, kamu tinggal membuka OblyTile dan klik Manager di bagian atas kanan tepatnya bergambar Folder.

OblyTile: Membuat Tile Icon Windows 8 Sendiri

 

Tidak hanya aplikasi yang bisa kamu buatkan Tile-nya, kamu juga bisa membuat tile untuk file, folder dan URL. Agar kamu mempunyai koleksi icon yang setema dengan Windows 8, kamu bisa mendapatkannya di IconArchive.

 

Mudah bukan untuk membuat Tile Windows 8 sendiri? Hanya dengan beberapa klik saja kamu sudah dapat membuat dan menghapus Tile. Tampilan dari Windows 8 kamu akan terlihat lebih rapi dan juga lebih keren.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini