NCollector Studio: Menyimpan Materi Online di Komputer dan Mengaksesnya Secara Offline

Apakah kamu sedang mengumpulkan berbagai materi di internet secara online? Bila komputer kamu jarang terkoneksi dengan internet atau kamu takut kalau situs yang berisi materi tersebut dihapus, maka kamu bisa menyimpannya di komputer agar dapat membukanya secara offline di kemudian hari. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan Ncollector Studio Lite!

Ncollector Studio Lite adalah aplikasi gratis dan ringan yang memungkinkan kamu mengumpulkan materi online, mendownloadnya ke PC atau laptop, kemudian membukanya kapanpun diinginkan meskipun saat itu kamu tidak terkoneksi ke internet. Bahkan kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendownload video, audio, dokumen atau gambar dari website dengan mudah dan menatanya di Hard Drive.

Aplikasi tersebut bisa diperoleh di:

http://www.calluna-software.com/downloads/ncollector/NCollectorStudioLite.msi

Halaman Utama NCollector Studio

http://www.calluna-software.com/

Setelah instalasi, kamu akan mendapatkan interface yang sekilas mirip tampilan metro Windows 8. Mungkin ini karena mengikuti tren Metro yang semakin populer. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia disana. Gambar bisa di-download dengan tiga cara tergantung sumbernya.

NCollector Studio

Untuk mendownload gambar dari mesin pencari populer seperti Google atau Bing, klik Search Google Images atau Search Bing Images sesuai keinginan. Kamu juga bisa mendownload dokumen, video dan audio dengan mengklik tombol terkait. Jika kamu ingin mendownload satu halaman website, klik Browse single page offline yang akan memungkinkan kamu melakukan browsing secara offline. Terdapat juga fitur Browse news/blog site offline untuk mendownload berita atau artikel terbaru dari blog yang disukai.

Dari gambar di atas, PG mencoba mendownload satu artikel dari PG untuk bisa di-browsing nantinya secara offline. Gunakan fasilitas Browse news/blog site offline untuk artikel yang disukai. Setelah melakukan setting, tunggu Ncollector melakukan proses. Kamu tinggal membuka browser, lalu menggunakan link yang terhubung dengan hard drive untuk membuka file yang tadinya sudah diolah dengan menggunakan NCollector

NCollector Studio

NCollector Studio

NCollector Studio

Secara keseluruhan, aplikasi ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang hobi mengumpulkan materi secara online untuk dibaca-baca lagi di kemudian hari. Biasanya pelajar dan mahasiswa akan sangat memerlukan fasilitas semacam ini karena mereka bisa membuka materi yang telah disimpan sebelumnya. Selain itu mereka bisa menghemat bandwidth bila berlangganan paket internet kuota data dengan tidak mengakses situs yang sama berulang-ulang.

Sayangnya NCollector versi lite ini hanya bisa digunakan untuk men-scan 10 halaman dengan 2 kedalaman level saja. Jika kamu ingin kedalaman scan yang lebih lagi, kamu bisa menggunakan HTTrack yang sudah pernah PG bagikan sebelumnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini