MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi pencatat yang fungsinya seperti notes, tapi dengan berbagai fasilitas seperti menyimpan gambar, lagu, dan arsip tertentu? Ada banyak aplikasi semacam ini, baik untuk PC maupun perangkat mobile. MyShelf merupakan salah satunya yang memiliki satu keistimewaan: Aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi tanpa fasilitas cloud!

MyShelf mensinkronkan dokumen pribadi yang kamu buat dan tambahkan, akan tetapi tidak menyediakan layanan cloud. Aplikasi ini merupakan fasilitas bagi orang-orang yang perlu menyimpan berbagai catatan pribadi, memungkinkan kamu untuk menambahkan gambar, potongan teks, link, dan sebagainya, terhubung dengan catatan tersebut, yang dalam aplikasi ini disebut Elements.

Aplikasi ini mendukung Windows, Mac OS X dan Linux, juga ditawarkan untuk iOS dan Android. Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan kamu ‘menyimpan’ (Shelf) apapun yang kamu perlukan dalam aktivitas sehari-hari. Baik kamu tengah bekerja atau menikmati liburan, tengah berkunjung ke rumah teman, dan sebagainya. Kamu bisa langsung memasukkan catatan penting menggunakan MyShelf. Gambar, foto, atau potongan teks dapat disertakan juga untuk referensi.

 

Bila tertarik, kamu bisa mendownload MyShelf disini:

http://www.encomit.de/myshelf/index.html

 

MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Pada saat pertama kali dibuka, aplikasi ini akan meminta kamu memilih nama perangkat di desktop. Ketikkan nama yang kamu inginkan dan klik OK untuk mulai. Aplikasi ini menyediakan kontrol navigasi di bagian atas berupa Browse, Add, Tags, Search dan Configuration. Tab Browse adalah dimana elemen-elemen kamu disimpan dan ditampilkan.

Elemen tersebut dikunci, sehingga kamu tidak bisa mengedit, menghapus, atau menata ulang hingga kamu meng-enable fungsi Quick Edit mode dari toolbar. Developernya telah menyertakan beberapa elemen pra-install, terkait informasi penggunaan aplikasi, dan sebagainya. Kamu bisa juga mengurutkan elemen dengan Modification date, order dan mengatur view mode sehingga tampil dalam ukuran thumbnail.

MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Untuk menambahkan elemen baru, pilih tab Add lalu ketik judul catatan kamu juga isi teks catatan itu. Kamu bisa menambahkan elemen sebanyak apapun dan melampirkan gambar atau teks clipboard padanya. Kamu juga bisa membuat dan menambahkan tag pada elemen

MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya, semua elemen disajikan di bawah tab Browse dan kamu bsia membuka elemen tersebut kapan saja untuk melihatnya dari window yang terpisah. Kamu juga bisa menggunakan Edit Mode pada toolbar untuk melakukan perubahan.

MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Dari tab Tags, kamu bisa membuat tag baru dan meta tag sebanyak yang kamu mau. Tag akan membantu kamu mencari elemen dengan mudah dari database kamu. Kamu bisa membuat banyak tag dan menyertakan banyak tag untuk satu elemen.

MyShelf : Aplikasi Desktop Gratis untuk Mencatat Berbagai Hal

Tab Search membantu kamu mencari elemen tertentu dari database kamu. Kamu bisa juga menggunakan bidang search memasukkan teks untuk mencari elemen kamu atau langsung menggunakan tags untuk mencarinya.

Nah, cukup menarik bukan? Manfaat aplikasi ini adalah untuk menyimpan berbagai catatan kamu yang melintas di pikiran dan tidak ingin kamu lupakan. Maka kamu bisa memanfaatkan MyShelf!

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan kepada teman-temanmu, terutama mereka yang memerlukan catatan bagi ide-ide segar atau juga hal-hal yang memorable dan tak ingin dilupakan!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini