Mungkinkah melakukan berbagai kegiatan di Komputer tanpa Mouse? Mungkin saja dengan Proto!

Kalau anda suka menonton film bertemakan komputer Hacking seperti Swordfish atau J-Dorama Bloody Monday, anda akan mendapati scene keren dimana sang hacker atau programer menatap layar komputer dengan tajam sembari jemarinya terus menerus menari di atas keyboard. Yup! Mereka seakan tidak mengenal alat yang bernama Mouse! Mungkinkah hal itu terjadi di dunia nyata?

Melakukan Berbagai Kegiatan di Komputer Tanpa Mouse

Kalau anda ingin tampil keren seperti itu, maka anda perlu mencoba aplikasi Proto.

Proto adalah aplikasi yang dikembangkan Mieszko Lassota, seorang programer kenamaan asal Polandia. Aplikasi ini memiliki interface yang memudahkan seseorang dapat menggunakan keyboard dalam berbagai kegiatan berkomputernya.

Jika anda penasaran untuk mencoba, silahkan download dan install Proto di:

http://miechu.pl/proto/downloads.aspx

Setelah proses instalasi, anda akan mendapati bahwa tampilan Proto mirip sekali dengan Windows Command Processor (CMD).

Melakukan Berbagai Kegiatan di Komputer Tanpa Mouse

Anda dapat mengatur file anda serta meluncurkan aplikasi hanya dengan menggunakan keyboard. Anda bisa masuk ke berbagai direktori hanya dengan mengetikkan nama direktori tersebut, atau menggunakan tombol anak panah (arrow) dan enter. Bila anda beralih ke window lain, maka interface Proto akan menghilang, masuk ke system tray anda. Akan tetapi anda dapat memanggilnya kembali dengan hanya menekan kombinasi tombol Alt + ~ . Aplikasi ini juga memungkinkan anda membuat folder baru dengan menekan Ctrl + N. Fungsi search juga dapat dilaksanakan dengan keyboard. Contohnya, jika anda ingin menuju direktori System32, maka anda tinggal memilih direktori Windows dan ketik Win (enter) lalu s32 (enter) maka anda akan membuka Windows/System32 folder.

Melakukan Berbagai Kegiatan di Komputer Tanpa Mouse

Anda bahkan bisa membuka berbagai file anda hanya masuk ke file tersebut. Pada gambar di atas, saya dengan mudah bisa membuka koleksi anime saya dan memutarnya dengan cara mengetikkan lokasi dari video tersebut.

Begitu banyak fungsi yang bisa dijalankan dari Proto, sehingga anda perlu banyak mempelajarinya. Untuk mendapatkan catatan lengkap untuk seluruh kombinasi hotkeys Proto, anda dapat menekan F1, dimana anda akan mendapatkan daftar shortcut untuk Proto sebagai berikut.

Melakukan Berbagai Kegiatan di Komputer Tanpa Mouse

Cukup menarik bukan? Dengan aplikasi ini, maka anda dapat bergaya seperti seorang hacker jenius di depan komputer. Tapi bukan sekedar gaya. Sebenarnya aplikasi ini menjadikan anda menghemat waktu yang anda gunakan untuk mengulurkan tangan dan mengendalikan mouse. Bila anda sudah terbiasa menggunakan Proto, dijamin anda akan malas menyentuh mouse anda!

Berikan dukungan anda kepada artikel ini dengan cara like, tweet, atau plus one. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman anda yang banyak bekerja di depan komputer agar kinerja mereka semakin cepat dan praktis.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini