Mudah Mengelola File di Windows 7 Dengan MyCo File Manager

Memiliki banyak file di komputer Windows 7 seringkali menyulitkan kita saat memanage dan mengelolanya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh keterbatasan fungsi dari Windows Explorer saat digunakan untuk mengelola file. Untuk itulah diperlukan sebuah software pengelola file yang bisa mempermudah dan mempercepat anda saat ingin melakukan operasi copy, move, rename file dll. Salah satu software file management yang bisa anda gunakan secara gratis adalah My Commander atau yang lebih sering disebut MyCo.

Mudah Mengelola File di Windows 7 Dengan MyCo File Manager

Apa itu MyCo?

MyCo adalah kependekan dari My Commander, sebuah software file management gratis yang situs resminya bisa anda akses disini (http://myco.yonan.ro/index.php). MyCo merupakan software file management yang ringan, kecil dan cepat yang dibuat berdasarkan microPlatform.

Mudah Mengelola File di Windows 7 Dengan MyCo File Manager

Apa Manfaat dari MyCo?

Seperti yang kita ketahui, Windows Explorer memiliki banyak batasan yang membuat kita sulit dan lama dalam mengelola file. Misalnya saja saat kita ingin memindahkan banyak file yang tersebar di beberapa lokasi folder, maka kita membutuhkan paling tidak 2 windows explorer agar proses bisa berjalan lebih cepat, daripada anda bolak-balik copy, paste atau move file dari satu folder ke folder lainnya secara terus menerus di dalam windows explorer yang sama.

Dari permasalahan dan batasan tersebut, akhirnya MyCo dibuat untuk bisa mempermudah anda dalam melakukan berbagai operasi pengelolaan file seperti copy file, move file, rename file, create folder, copy folder, move folder, rename folder, membuat dan mengekstrak file ISO, membuat dan mengekstrak file ZIP serta membuat jonctions, softlinks, hardlinks, mountpoints.

2 sidebar explorer dalam 1 window yang dimiliki oleh MyCo tentu saja akan mempercepat dan mempermudah kerja anda ketika mengelola file, terlebih jika file anda berjumlah banyak.

Mudah Mengelola File di Windows 7 Dengan MyCo File Manager

Apa saja fitur dari MyCo?

Dalam menjalankan fungsinya sebagai file management software, maka My Commander dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang mempermudah anda saat mengelola file. Fitur-fitur ini antara lain:

1. Dilengkapi dengan navigasi yang mudah
2. Merupakan software portable yang tidak memerlukan instalasi
3. Berdasrakan API terbaru di windows 7
4. Mudah dalam mengakses home folders, download dan documents
5. Dilengkapi dengan perintah copy, move, delete, rename file dan folder.
6. Advance overwrite dialog
7. Memiliki fitur shredder untuk menghapus file dengan aman.
8. membuat, menghapus serta merename junctions, hardlinks, symlinks, mountpoints.
9. dilengkapi dengan image viewer serta hex viewer.
10. Mendukung drag and drop operation.
11. Dilengkapi fitur untuk membuat dan mengekstrak file archive (ISO dan Zip)
12. Memiliki fitur pencarian file
13. dilengkapi multi rename tool
14. terdiri dari 2 panel yang bisa anda atur secara horisontal atau vertikal.
15. memiliki History list untuk setiap operasi yang telah anda lakukan
16. Memiliki file properties dan context menu.
17. Bisa untuk mengubah file attribute
18. dilengkapi DOS command line.
19. Mendukung berbagai keyboard shortcut dan keyboard navigation.
20. Ringan, tanpa perlu menginstall DLLS (OCX, VBX, VB, MFC, Flash, IE, dll) dan tidak membutuhkan libraries (VB, Java dll)
21. Bisa anda gunakan di Windows 7 32 bit maupun 64 bit.
22. Membutuhkan resource memori yang sangat kecil sehingga tidak berat saat digunakan.

Dimana saya bisa mendownload MyCo?

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan MyCo atau My Commander file management, anda bisa mendownloadnya secara gratis disini:

MyCo untuk Windows 7 32 bit

http://myco.yonan.ro/lab/myco32.exe

MyCo untuk Windows 7 64 bit

http://myco.yonan.ro/lab/myco64.exe

Review Saya Tentang MyCo

MyCo atau My Commander ini memang benar-benar software yang berukuran kecil dan ringan saat digunakan. Dengan Installer yang memiliki file size hanya 295.5 Kb untuk yang Windows 7 64 bit dan 172 Kb untuk Windows 7 32 bit, tidak membuat MyCo miskin fitur.

Selain itu MyCo termasuk software yang sangat cepat saat digunakan bahkan ketika digunakan di netbook dengan jumlah memori yang terbilang kecil.

Beberapa hal yang saya anggap menjadi kelemahan dari MyCo adalah tidak semua fungsi dan fiturnya terimplementasi dengan baik. Hal ini dikarenakan MyCo memang masih dalam tahap pengembangan. Namun untuk fungsi operasi semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa satu masalah apapun.

Satu hal lagi yang kurang dari MyCo adalah MyCo hanya bisa digunakan di Windows 7 saja. Namun bagi anda yang bukan pengguna Windows 7 tidak perlu khawatir, karena ada software alternatif MyCo yang bisa anda gunakan yaitu Q-Dir File management software. Rating saya untuk MyCo adalah 8 dari 10! Semoga Review ini bermanfaat.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini