Mozilla Merilis Firefox Aurora 6, Apa saja fitur barunya?

Mozilla sepertinya sedang ngebut untuk mengembangkan browser andalannya, Mozilla Firefox. Ini terbukti dengan diluncurkannya Firefox Aurora 6 padahal saat ini Firefox 5 pun masih dalam status Beta. Ini berarti mereka mengembangkan 2 versi future dari firefox pada waktu yang bersamaan.

Aurora adalah sebutan channel dari firefox untuk pengembangan sebelum menuju ke channel beta dan akhirnya ke final release. Di Firefox Aurora 6 ini ada beberapa fitur eksperimental baru yang telah dikembangkan:

1. Data Management Windows yang memungkinkan anda untuk mengatur akses data privacy anda oleh website-website yang anda kunjungi. Misalnya saja cookies, password, lokasi, dll.

Data Management Windows

2. Memiliki add-ons manager yang dilengkapi dengan fitur plugin check untuk melakukan pengecekan dan verifikasi dari kompatibilitas semua plugin yang terinstall.

3. Panorama Groups on Demand yang akan meningkatkan kecepatan startup dari browser.

Selain itu, ada beberapa fitur di Firefox Aurora 6 yang sangat berguna bagi web developer, misalnya:

4. Fitur scratchpad yang memungkinkan developer untuk secara cepat membuat dan melakukan test terhadap javascript snippets di browser.

5. Web Console yang memungkinkan web developer untuk memindahkan console ke bagian yang lain dari window atau membaginya menjadi beberapa window.

6. Masih ada juga beberapa tool lainnya yang bisa diakses mellui menu Web Developer.

menu Web Developer

Web developer juga akan menjadi lebih mudah saat membangun aplikasi web karena Firefox Aurora 6 sudah mendukung HTML5, DOM level 3, server-sent events, networking technology dan tool-tol lainnya.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba Firefox Aurora 6, anda bisa mendownloadnya dari link berikut ini:

http://www.mozilla.com/en-US/firefox/channel/

Klik tombol “Download Mozilla Firefox Aurora”

Klik tombol "Download Mozilla Firefox Aurora"

Dengan mengembangkan dua versi sekaligus (Firefox 5 Beta dan Firefox Aurora 6), firefox akan berkembang dengan sangat cepat dan bisa jadi akan terus menjadi pemimpin di dunia browser.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • wow…… versi terbarunya kapan update?

  • nadzar

    wah keren,, jd pengen coba,,, saya unduh mas,,thks

  • MeThea

    Makasih tuk info & sofwarenya. PG sangat membantu !!!!!!

  • yudhi

    *Experience the newest innovations before they go to beta in an environment that’s not for the faint of heart*Provide feedback on features and performance to help determine what makes the final release

    hmmm malah pra-beta, jd bingung, klo dr wiki: Aurora, the name for a pre-release build of Mozilla Firefox

  • Yono

    Boss, Aurora ini pra beta apa sdh full rilis? Kalau beta, apalagi pra beta, apa gak berisiko thd sistem operasi kita? Khan biasanya versi beta itu banyak bugs nya, tuh?

    Mohon pencerahan sebelum donlod, Boss.

    Thanks 4 ur great website!

    Salam,

    Yono