Mozilla Firefox 16 Dirilis. Apa Aja Sih Fitur Barunya?

Untuk kamu penggemar setia Mozilla Firefox, ada kabar gembira nih. Firefox 16 hari ini telah dirilis! Yup, ini versi stabil dari Firefox 16 (meskipun tidak menutup kemungkinan update Firefox dalam waktu dekat ini).

Mozilla Firefox 16 Dirilis. Apa Aja Sih Fitur Barunya?

Memang Firefox akhir-akhir ini dikritik karena terlalu cepat merilis update-nya, tapi nampaknya Firefox mengabaikan kritik ini karena gosipnya bahkan Firefox sudah mengembangkan versi 18 dengan Theme baru berupa gambar Australis!

Sekarang PG akan membahas apa saja sih fitur baru dari Firefox 16 ini. Apakah memang Mozilla telah melakukan pembaruan yang layak untuk versi browser ini?

Developer Toolbar

Mozilla Firefox 16 Dirilis. Apa Aja Sih Fitur Barunya?

Toolbar baru ini bisa diakses dari Tools>Web Developer>Developer Toolbar atau dengan menekan hotkeys Shift+F2. Disini kamu bisa mengakses Web Console, Inspector dan Debugger. Toolbar ini juga memungkinkan kamu memberikan sejumlah perintah terkait dengan manajemen tool untuk developer browser ini. Daftar perintah tersebut bisa kamu dapatkan dengan menekan tombol F1.

 

VoiceOver untuk OS X

VoiceOver ini adalah fasilitas yang bisa dimanfaatkan menggunakan OS X. Bila belumpernah mendengar tentang Firefox, ini adalah interface berbahasa Inggris yang mendukung mereka yang memiliki gangguan penglihatan dan gangguan belajar untuk berinteraksi dengan perangkat Mac mereka. Fasilitas ini memungkinkan perangkat Mac membacakan halaman web dan teks pada dokumen.

 

Dukungan Web App

Mozilla Firefox 16 Dirilis. Apa Aja Sih Fitur Barunya?

Firefox 16 hadir dengan dukungan untuk Web Apps. Ini mirip seperti Chrome Store yang menawarkan berbagai Extension dan app untuk mendukung Chrome. Jadi kini Firefox memiliki ‘toko’ tersendiri yang memungkinkan kamu mendapatkan add-on dan berbagai aplikasi pendukung Firefox langsung disini. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi:

https://apps.mozillalabs.com/appdir/

 

Incremental Garbage Collection

Mozilla Firefox 16 Dirilis. Apa Aja Sih Fitur Barunya?

Incremental Garbage Collection adalah fasilitas yang akan mempercepat browser kamu. Tool ini akan menggunakan ulang memori yang tidak digunakan oleh program JavaScript pada browser. Untuk website yang menggunakan JavaScript, ini berarti akses yang jauh lebih cepat dan responsif terhadap klik mouse. Kamu bisa mengetesnya dengan membandingkan akses dari browser versi sebelumnya atau browser lain dengan mengunjungi:

http://people.mozilla.org/~wmccloskey/incremental-blog/example-pause.html

 

Menghapus support untuk Snow Leopard

Sebetulnya ini sih bukan fitur. Tapi PG perlu mengabarkan untuk kamu yang masih menggunakan Snow Leopard, Firefox 16 adalah versi terakhir yang support Snow Leopard. Versi setelah ini tidak akan lagi memberikan dukungan untuk versi OS X ini.

Sebagai tambahan fitur-fitur di atas, Firefox 16 juga akan memiliki laporan per tab untuk konsumsi memori. Sehingga kamu bisa melihat konsumsi memori di masing-masing tab.

Selengkapnya kamu bisa melihat pada release notes dari Firefox 16

https://www.mozilla.org/en-US/firefox/16.0/releasenotes/

Kamu bisa mengupdate browser Mozilla Firefox kamu dengan cara mengklik Tab Help > About Firefox. Dengan cara ini, maka browser Firefox kamu akan terupdate secara otomatis ke versi 16 ini.

Bagi yang belum punya Firefox, kamu bisa mendownload Firefox 16 disini:

http://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/

Apa saja yang sudah kamu temukan tentang Firefox 16? Berbagilah komentar kamu di kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini