Mozilla Firefox 13 Final Sudah Dirilis, Apa yang Baru?

Mozilla Firefox 13 Final telah dirilis beberapa hari yang lalu, namun belum semua penggunanya mengupdate ke Firefox versi terbaru ini. Padahal ada beberapa fitur baru di Mozilla Firefox 13 yang tidak ditemukan di Firefox versi sebelumnya. Apa itu?

1. Speedy Tabs

Kini di setiap tab yang anda buka, Firefox akan menampilkan 9 situs yang paling sering anda kunjungi. Tujuannya tentu saja untuk mempercepat anda dalam mengakses situs favorit anda.

Mozilla Firefox 13 Final Sudah Dirilis

Anda bisa mengubah urutan, menghapus, atau melakukan “pin” untuk membuatnya berada di posisi yang anda inginkan. Fitur seperti ini memang sudah ada di Google Chrome atau Opera sejak dulu, dan kini pengguna Firefox bisa ikut menikmatinya juga :)

2. Home Page Quick Menu

Sekarang di Homepage Firefox (about:home) telah disediakan menu Quick Access untuk mempercepat anda dalam mengakses Downloads, Bookmarks, History, Add-ons, Sync, Settings dan Restore Previous Session.

Mozilla Firefox 13 Final Sudah Dirilis

Tujuannya tentu saja untuk semakin menghemat waktu anda saat ingin mengakses menu-menu tersebut.

3. Reset Button

Biasanya ketika terjadi error atau problem apapun di browser Firefox, sebagian besar penggunanya melakukan proses install ulang. Jika terlupa tidak membackup bookmarks, passwords, dll (Baca Cara Membackup dan Merestore Bookmarks Firefox) terlebih dahulu..maka data penting tersebut bisa saja hilang.

Mozilla Firefox 13 Final Sudah Dirilis

Namun kini anda tidak perlu menginstall ulang Firefox ketika terjadi error, lemot atau masalah apapun. Hal ini karena Firefox 13 telah dilengkapi dengan Reset Button yang bisa diakses melalui

Help -> Troubleshooting Information

Mozilla Firefox 13 Final Sudah Dirilis

NB : Menu Reset Button bisa juga diakses dengan mengetikkan about:support di address bar Firefox

Ketika hal buruk terjadi di Mozilla Firefox anda, maka cukup klik Reset Button tersebut dan Firefox akan segar seperti semula. Tentu saja bookmarks, password, dan data-data penting anda tidak akan hilang seperti jika anda melakukan install ulang.

4. Smooth Scrolling

Jika anda rasakan, maka scrolling website di Firefox kini menjadi lebih halus. Hal ini membuat kita menjadi lebih nyaman saat browsing, terutama ketika mengunjungi halaman website yang artikelnya sangat panjang.

5. SPDY Protocol

Kini SPDY Protocol di Firefox telah diaktifkan sehingga membuat proses browsing website menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Apakah Mozilla Firefox anda sudah diupdate ke Firefox 13 final? Jika belum silahkan langsung saja lakukan update sekarang juga.

Bagi pengguna Firefox bisa langsung mengakses menu berikut ini agar bisa update Firefox secara otomatis :

Help -> About Firefox

Bagi yang belum memiliki Firefox bisa langsung mendownload Mozilla Firefox 13 di halaman utama mereka :

http://www.mozilla.org/en-US/firefox/fx/

Dengan selalu menjaga browser anda tetap up to date, maka anda bisa menjelajahi internet dengan lebih aman dan nyaman.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini