Mosaizer Pro: Pembuat Foto Mosaik dengan Desain yang Elegan dan Hasil yang Luar Biasa

Sebelumnya saya pernah mereview aplikasi yang bisa membuat karya mosaik, yaitu Foto-Mosaik-Edda. Menariknya seni mosaik ini adalah, kita bisa menghasilkan gambar cantik yang sebenarnya bila diteliti adalah gabungan dari banyak gambar yang dilekatkan secara sempurna sehingga membentuk gambar yang baru. Nah, untuk teman-teman PG yang menyukai karya seni mosaik, saya menemukan aplikasi menarik: Mosaizer Pro. Aplikasi ini membuat mosaik dari gambar apapun yang kamu inginkan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana, namun hasil yang mengesankan. Meskipun terlihat sederhana, Mosaizer Pro memiliki banyak fitur yang bisa mengatur hasil mosaik yang diinginkan secara mendetail. Bila kamu menyukai karya mosaik semacam ini, maka aplikasi ini pastilah akan kamu letakkan di daftar teratas!

 

Sebagai langkah pertama, kamu dapat mendownload Mosaizer Pro di:

http://www.mosaizer.com/Download/index.htm

 

Lalu lakukan prosedur instalasi seperti biasa.

Mosaizer Pro: Pembuat Foto Mosaik dengan Desain yang Elegan dan Hasil yang Luar Biasa

Selesai meng-install aplikasi ini, maka kamu akan mendapatkan tampilan sederhana sebagai berikut. Detilnya produk mosaik yang dihasilkan aplikasi ini dapat dilihat dari fitur menu view yang memiliki peralatan yang meliputi pengaturan pola (Patterns), hal-hal khusus (Specials), warna (Colors), penutup (Masks) dan pasca proses (Post-process). Bila kamu ingin mendapatkan fasilitas yang lebih banyak lagi, klik pada menu Special functions dan pastikan Start Wizard tidak digunakan (disabled), yang mana akan mengeluarkan semua setting advanced untuk bermain-main dengan foto kamu.

Mosaizer Pro: Pembuat Foto Mosaik dengan Desain yang Elegan dan Hasil yang Luar Biasa

Untuk mulai mengerjakan mosaik tersebut, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan gambar sumber. Klik menu File -> New dan pilihlah file yang akan kamu masukkan. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk melakukan setting yang sangat luas pada mosaik kamu. Setting terbagi atas tab Quality, Colors, Masks, Patterns dan Specials, ditempatkan di bagian kiri interface aplikasi tersebut. Sementara Quality dan Colors berisi opsi dasar dari tool mosaik seperti: setting up picture amount, cell size, blend, colorize dan sebagainya – hal yang lebih menyenangkan lagi adalah meng-klik menu mask dimana kamu dapat memperoleh berbagai pola topeng untuk gambar yang di upload. Lebih lanjut, menu ini memiliki grid persegi panjang dasar, kamu juga bisa mengubah pola mosaik pada tab Patterns, yang mana memiliki tiga rancangan tambahan, yaitu Circle, Spiral dan Hexagons. Kamu juga bisa memeriksa bagian tab Pre-process, untuk mengatur Brightness, Contrast, Saturation dan Transparency dari mosaik tersebut.

Mosaizer Pro: Pembuat Foto Mosaik dengan Desain yang Elegan dan Hasil yang Luar Biasa

Bila sudah mengatur setting yang pas, kamu bisa menekan tombol Start untuk memproses gambar tersebut. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menggunakan efek Colorize dan Blend pada hasil pemrosesan (post processing). Ini akan sangat membantu untuk menciptakan hasil akhir yang keren!

Mosaizer Pro: Pembuat Foto Mosaik dengan Desain yang Elegan dan Hasil yang Luar Biasa

Seperti yang kamu lihat, hasil akhir adalah gambar yang mirip dengan gambar aslinya, hanya saja terdiri dari banyak gambar lain. Kalau kamu melihat contoh hasil yang disajikan itu masih kurang keren, yang kurang adalah keterbatasan imajinasi saya waktu mencoba melakukan setting seadanya. Dengan banyaknya fitur yang belum sempat saya eksplor mendetail, saya yakin aplikasi ini bisa menghasilkan mosaik yang jauh lebih keren daripada contoh percobaan saya di atas. Nah, giliran kamu-lah yang meng-eksplorasi aplikasi ini! Imajinasi kamu lah yang bisa menciptakan gambar mosaik yang lebih keren, yang bisa kamu pamerkan kepada teman-teman di Jejaring sosial maupun forum.

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan juga artikel ini kepada teman-teman lain, terutama sesama penggemar karya seni mosaik.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Kalpataru A.I

    (y)

    Maaf, Saya Komentar Dari HP, Tidak Bisa +1 Google+