Merubah Folder Menjadi Sebuah Drive Baru dengan FolderDrive

Bekerja dengan komputer pastinya tidak akan lepas dari folder kan? Yap..Folder merupakan tools sederhana yang berfungsi sebagai media penyimpanan semua data kamu. Dengan folder juga kamu dapat mengelompokkan banyak file sekaligus menjadi satu agar tidak bertebaran.

Merubah Folder Menjadi Sebuah Drive Baru dengan FolderDrive

Jika kamu memiliki satu atau beberapa folder penting yang setiap waktu dibuka, maka cara termudah untuk dapat mengaksesnya kembali adalah dengan membuat shortcut dan meletakkannya di dekstop komputer. Namun pernah tidak kamu ingin membuat sesuatu yang baru, misalnya dengan membuat pastisi dari sebuah folder? Memangnya bisa ya?

FolderDrive merupakan software gratis Windows yang bisa kamu gunakan untuk dapat merubah sebuah folder menjadi partisi atau drive dengan cepat dan mudah. Layaknya menambah partisi baru, namun kali ini hanya dengan memanfaatkan folder. FolderDrive ini juga sangat bermanfaat bila kamu ingin cara cepat untuk bisa mengakses folder yang terdapat file-file penting, terlebih lagi memiliki kapastitas besar.

Cara penggunaan software ini pun sangat mudah, terlebih dahulu download dan lakukan penginstallan di komputer kamu. Untuk menjalankannya bisa kamu klik icon yang terdapat di system tray. Tampilan antar muka sederhana, tidak membuat kamu kebingungan untuk dapat menavigasi setiap menu yang ada.

Setelah jendela terbuka pilih menu Add Mapping, kemudian tentukan nama drive baru dan cari dimana lokasi folder yang ingin kamu rubah menjadi drive berada. Jika kamu ingin membuat drive baru tersebut menjadi permanen, centang opsi Make Permanent.

Merubah Folder Menjadi Sebuah Drive Baru dengan FolderDrive

 

Dan hasilnya akan seperti ini, jika dilihat dengan membuka Windows Explorer. Tidak membutuhkan waktu lama FolderDrive mampu merubah folder menjadi sebuah partisi baru Pusat Gratis.

Merubah Folder Menjadi Sebuah Drive Baru dengan FolderDrive

 

Sama halnya saat membuat drive baru, untuk bisa mengembalikan dalam keadaan semula atau menghapusnya, pilih menu Remove Selected. Sedikit catatan, setelah kamu berhasil membuat drive baru usahakan tidak menutup jendela FolderDrive. Karena jika tertutup maka drive tesebut (Pusat Gratis) akan menghilang. Pergi ke menu Options dan centang opsi Minimize on close.

Download FolderDrive di:

http://folderdrive.codeplex.com/

 

Bagaimana, tertarik? Hanya dengan menggunakan FolderDrive, sekarang kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk membuka folder penting yang telah dirubah menjadi sebuah drive.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini