Meningkatkan Kualitas Foto yang Kamu Miliki dengan Raw Therapee

Ingatkah kamu akan peribahasa “satu gambar mewakili seribu kata”? Tidak berbeda dengan gambar, foto-pun juga demikian. Ketika kamu memajang foto kamu di Facebook, orang terkadang langsung menilai kamu dari foto tersebut. Seperti juga yang santer terdengar di iklan : kesan pertama begitu menggoda..seringkali foto yang kamu pajang menjadi kesan pertama bagi mereka. Namun bagaimana jika kualitas foto yang ingin kamu pajang tersebut masih kurang bagus?

Jika kamu belum puas dengan kualitas foto yang kamu miliki, kamu bisa memperbaiki kualitasnya dengan menggunakan Raw Therapee. Dari namanya sudah terlihat bahwa software ini bisa kamu gunakan untuk “men-terapi” foto yang kamu miliki agar kualitasnya bisa menjadi lebih bagus.

Meningkatkan Kualitas Foto yang Kamu Miliki dengan Raw Therapee

Meningkatkan Kualitas Foto yang Kamu Miliki dengan Raw Therapee

Berbeda dengan software lainnya yang terkesan masih basic, Raw Therapee ini sedikit lebih advance. Tidak ada lagi text tool, paint option, atau special effect. Semua tool yang ada khusus disediakan untuk image processing. Tools tersebut bisa kamu gunakan untuk memperbaiki, mengatur dan meningkatkan kualitas foto.

Ketika kamu buka, software ini akan menampilkan thumbnail browser. Disitu kamu bisa browse semua folder yang berisi foto kamu dalam berbagai format (RAW, JPG, TIF, dan PNG). Langsung double klik saja foto yang kamu ingin edit.

Setelah kamu memilih foto yang ingin diedit, di panel sebelah kanan akan muncul 5 kategori utama : Exposure, Detail, Color, Transform dan Raw. Dan kehebatan software ini akan terkuak ketika kamu memilih kategori-kategori tersebut.

Kualitas RAW image bisa kamu tingkatkan dengan menggunakan algoritma demosaicing seperti AMaZE, DCB, fast, AHD, EAHD, HPHD dan VNG4. Kamu juga bisa mengatur pewarnaannya mulai dengan channel mixing, RGB curve, hingga white balance, HSV, Vibrance, dan masih banyak lagi.

Jika kamu masih belum puas dengan hasilnya, kamu masih bisa meningkatkan detail kualitasnya. Ada 7 pilihan yang bisa kamu gunakan yaitu Sharpening, Edges, Microcontrast, Impulse Noise Reduction, Noice Reduction, Defringe, dan Contrast. Tidak hanya itu, setiap opsi tersebut bisa kamu atur juga setting-settingnya :D

Kamu bisa mendownload Raw Therapee dari link berikut ini :

http://rawtherapee.com/downloads

Namun Raw Therapee bukanlah super hero yang memiliki kekuatan super tanpa adanya kelemahan. Masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh software brilian ini, misalnya saja saat digunakan kadang-kadang menjadi lemot serta interface yang kadang-kadang juga error.

Tetapi kelemahan kecil tersebut tidak mampu mengalahkan kelebihan Raw Therapee yang begitu banyak. Software ini mampu menyulap foto kamu yang kualitasnya kurang menjadi foto berkualitas tinggi…yang mampu mengesankan setiap orang yang melihatnya. Sueerr..PG gak bohong! :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini