Mengurangi Opsi di Konteks Menu “New” dengan ShellMenuNew

Seperti yang kita ketahui bahwa Windows menyediakan berbagai fitur menarik, salah satunya terdapat di fungsi klik kanan pada mouse atau konteks menu. Fitur tersebut bisa mempermudah pekerjaan kamu seperti halnya ingin mengganti nama, copy, cut, paste, membuat dokumen baru, memindahkan file dengan cepat dll.

Mengurangi Opsi di Konteks Menu "New" dengan ShellMenuNew

Namun dengan bertambanya aplikasi yang kamu install, maka daftar item di dalam konteks menu khusunya pada opsi New juga akan semakin bertambah dan tidak ada pilihan untuk bisa mengurangi jumlahnya. Contohnya saja jika kamu menginstall Microsoft Office, sudah pasti akan terlihat item yang jumlah lebih dari satu (Word, Excel, Power Point, Publisher dll). Itu belum juga yang lainnya. Tentunya sangat menganggu bukan? Tapi tenang, PG punya solusinya lho! Manfaatkan saja ShellMenuNew.

ShellMenuNew merupakan software gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi jumlah item pada opsi New, sehingga tidak akan memunculkan banyak pilhan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Karena software ini portable, jadi kamu tidak perlu melakukan installasi terlebih dahulu.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, terlebih dahulu download dan langsung jalankan file executablenya. Setelah jendela ShellMenuNew terbuka, maka akan secara otomatis terlihat daftar item yang sama dengan konteks menu di opsi New. Jika daftar item tidak sama, lakukan refresh terlebih dahulu.

Mengurangi Opsi di Konteks Menu "New" dengan ShellMenuNew

 

Untuk menonaktifkan salah satu item, klik pada item tersebut kemudian pilih menu “Disable Selected Menu Items” atau lebih cepatnya bisa dengan menggunakan shortcut F7 dan icon kecil berwarna merah. Dan jika ingin menonaktifkan kesemua atau beberapa item sekaligus caranya masih sama namun dengan menekan tombol CTRL.

Mengurangi Opsi di Konteks Menu "New" dengan ShellMenuNew

 

Setelah itu lihat hasil perubahannya. Berkurang bukan jumlah itemnya.

Mengurangi Opsi di Konteks Menu "New" dengan ShellMenuNew

Nah..Untuk bisa mengembalikan ke dalam posisi semula dimana terdapat banyak item, buka kembali software ShellMenuNew. Seleksi semua daftar yang sebelumnya tidak terdapat di konteks menu (nonaktifkan), klik kanan dan pilih “Enable Selected Menu Items” atau cepatnya dengan tombol F8. Terakhir periksa kembali, di konteks menu “New”. Tidak hanya itu saja, masih terdapat satu fitur menarik lainnya, yaitu Regedit. Dengan fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan items konteks menu langsung dari regedit.

System operasi yang di dukung:

  • Windows 2000
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7

Download ShellMenuNew di:

http://www.nirsoft.net/utils/shell_menu_new.html

 

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Dengan menggunakan ShellMenuNew, sekarang kamu bisa membatasi item yang akan muncul agar tidak berlebihan di konteks menu tepatnya pada opsi New. Cukup hanya dengan beberapa langkah mudah, hasilnya sudah bisa terlihat. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini