Mengunci File dan Folder dengan Password yang Berbeda Menggunakan Secure Bin

Menjaga file tetap tersembuyi dari pengguna PC lain sangatlah penting. Terutama bila anda sering berbagi komputer dengan teman (di asrama atau tempat kos mungkin), lebih penting lagi bila pekerjaan anda melibatkan upaya melindungi informasi sensitif dari penggunaan tanpa izin. Meskipun anda bisa dengan cepat melindungi data anda dengan mengenkripsi keseluruhan disk, akan memerlukan waktu untuk secara manual melakukan dekripsi pada masing-masing file hanya untuk akses membaca dan menulisnya kembali. Metode lain yang biasa digunakan banyak user adalah dengan men-zip file penting dengan menggunakan password protected archive, akan tetapi ini berarti anda harus melakukan unzip terhadap file-file ini tiap kali anda ingin menggunakan file dari folder zip tersebut. Membuang-buang waktu hanya untuk mengamankan beberapa file tidak begitu praktis bukan?

Jika anda mencari aplikasi yang memungkinkan anda secara cepat mengamankan dan menyembunyikan data rahasia, cobalah Secure Bin.

Aplikasi portabel ini memungkinkan anda dengan mudah melindungi file dengan password dan mengaksesnya dari dashboard yang aman. Tidak seperti peralatan pengaman file lain, program ini memungkinkan anda untuk memberikan password yang berbeda untuk masing-masing file atau folder. Namun, anda juga dapat memilih untuk melakukan unlock untuk semua file terlindung dengan satu master password.

Meskipun aplikasi ini tidak memiliki fasilitas drag and drop, ini memungkinkan fungsi mengunci tanpa kesalahan. Interface utamanya adalah Add Folder, Unlock Folder, Delete, Refresh View dan Settings di bagian atas, sementara item tambahan ditampilkan pada jendela utama.

Mengunci File dan Folder dengan Password yang Berbeda Menggunakan Secure Bin

Ketika menggunakannya pertama kali, anda perlu menciptakan username dan memasukkan password. Ini akan bertanya kepada anda untuk masuk ke login tiap kali anda meluncurkan aplikasi ini.

Mengunci File dan Folder dengan Password yang Berbeda Menggunakan Secure Bin

Ketika mulai, pilihlah Add Folder atau Add File dan pilihlah folder / file yang ingin anda amankan. Kini, jika anda ingin melindungi dengan master password, centang opsi enable Use master password. Namun, jika anda ingin men-set password yang berbeda untuk file/folder yang ditambahkan, masuklah ke passphrase dan klik pada Lock.

Mengunci File dan Folder dengan Password yang Berbeda Menggunakan Secure Bin

Membuka file yang terkunci sangatlah mudah. Pilihlah file atau folder yang terkunci dan klik Unlock pada toolbar untuk mengakses Unlock Dialog box. Anda bisa memilih tujuan unlock untuk file atau folder terpilih.

Mengunci File dan Folder dengan Password yang Berbeda Menggunakan Secure Bin

Cukup menarik? Anda bisa menngunduh Secure-Bin disini:

http://www.softpedia.com/get/Security/Security-Related/Secure-Bin.shtml

Bagi saya, manfaat utama program ini adalah untuk mengunci berbagai naskah tulisan yang saya tidak ingin (atau malu) orang lain membacanya. Tapi saya kemudian dengan bebas bisa membuka dan melanjutkan naskah saya dengan praktis.

Meskipun, Secure Bin tidak memiliki fitur drag and drop, ini memungkinkan anda memilih password yang berbeda untuk masing-masing file dan folder, menambahkan lapisan keamanan ekstra bagi file anda. Secure Bin bekerja dengan baik pada versi 32-bit dan 64-bit Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Selain Secure Bin, anda juga bisa menggunakan software Folder Lock yang sudah saya bahas sebelumnya disini. Silahkan pilih yang mana saya sesuai dengan selera dan keinginan anda. Semuanya gratis kog! ;p


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini