Mengukur Kecepatan Booting Windows dengan Windows Boot Racer

Berapa cepat PC atau laptop Windows kamu melakukan booting hingga di posisi “siap untuk digunakan”? Marilah lakukan simulasi. Klik tombol Start Menu, pilih Restart, OK.

Ambil kacang…

Ambil buku bacaan…

Hmmm, satu chapter the Deathly Hallows terlewat…

Bab keempat?…

Oke, waktunya melempar CPU Box!…

Ehehe… Memang tidak akan separah itu kok. Tapi kalau kamu penasaran tentang kecepatan booting PC kamu, manfaatkan program berikut ini: Windows Boot Racer!

Mengukur Kecepatan Booting Windows dengan Windows Boot Racer

BootRacer adalah software gratisan yang memungkinkan kamu untuk mengukur berapa lama yang dibutuhkan komputer kamu untuk melakukan boot. Perhitungan waktu tersebut kemudian disimpan ke dalam arsip untuk membandingkan kecepatan booting komputer kamu di lain waktu

Setelah menginstall aplikasi ini, bila kamu ingin melakukan pengukuran seberapa cepat proses booting PC kamu, maka kamu perlu untuk me-restart komputer kamu dulu. (Ya iyalah… kalo enggak gimana ngukurnya?) BootRacer juga bisa me-restartkan PC tersebut untuk kamu…

Mengukur Kecepatan Booting Windows dengan Windows Boot Racer

Setelah prosedur restart, maka kamu akan mendapati bahwa BootRacer melakukan perhitungan yang disajikan di sudut kanan bawah PC kamu. Akan ada grafis berbentuk jam pasir yang berputar dan melakukan perhitungan disitu. Setelah selesai, kamu bisa mengklik “See Why” untuk mendapatkan laporan lengkap hasil perhitungan BootRacer

Mengukur Kecepatan Booting Windows dengan Windows Boot Racer

Seperti yang kamu lihat, BootRacer memberikan laporan detil mengenai booting PC kamu. Nah, untuk membandingkan bila kamu melakukan perhitungan beberapa kali, maka kamu bisa mengklik tombol “Show History” setelah beberapa kali melakukan pengukuran. Tentu saja pengukuran dilakukan setelah kamu melakukan ‘penanganan’ khusus untuk mempercepat laju boot PC kamu.

Mengukur Kecepatan Booting Windows dengan Windows Boot Racer

Dari situ kamu bisa membandingkan kecepatan booting kamu bila kamu sudah melakukan perbaikan pada PC kamu. Manfaat aplikasi ini adalah bila waktu booting yang dibutuhkan PC kamu terlalu lama, maka pasti ada permasalahan pada PC kamu, dan ini memerlukan penanganan yang lebih serius.

Kamu bisa mendownload Windows BootRacer di:

http://www.greatis.com/bootracer/download.htm

Lalu bila ada masalah pada PC, bagaimana kita mengatasinya? PG pernah beberapa kali membahas tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercepat komputer seperti misalnya SimCleaner, Eusing Free Registry, Simnet Registry Defrag, serta membaca artikel PG seperti 6 Cara mempercepat komputer kamu juga akan membantu. Coba praktekkan, lalu ukur lagi kecepatan booting kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini