Mengubah ID Tag Koleksi Musik Anda dengan TagScanner

Bagi anda yang suka mendengarkan musik di komputer menggunakan music player, pasti tidak asing dengan Tag info atau yang sering disebut ID tag. Ada bermacam-macam jenis ID tag, antara lain ID3v1, ID3v2, Vorbis comments, APEv2, WindowsMedia dan MP4 (iTunes) tag. Detail ID tag inilah yang akan ditampilkan di music player anda. Berikut ini adalah contoh ID tag file mp3:

Mengubah ID Tag Koleksi Musik Anda dengan TagScanner

Terlihat ada beberapa detail yang bisa anda simpan di ID tag, seperti track, title, artist, album, year, dll. Dengan adanya ID tag yang lengkap, maka anda bisa lebih mudah menemukan lagu yang anda inginkan. Hal ini karena rata-rata yang ditampilkan di music player adalah ID tag nya dan bukan nama file nya.

Sebenarnya, hampir semua music player memiliki fitur tag editor dimana anda bisa mengubah tag file musik anda. Namun sayangnya, tag editor bawaan music player ini sebagian besar mengharuskan anda mengubah tagnya satu per satu. Jika koleksi musik anda sangat banyak, tentu saja hal ini akan sangat melelahkan.

Beruntung ada sebuah software yang bisa anda gunakan untuk mengubah dan mengedit ID tag banyak file musik anda sekaligus dengan mudah. Software ini adalah TagScanner.

Mengubah ID Tag Koleksi Musik Anda dengan TagScanner

TagScanner merupakan software multifungsi yang bisa anda gunakan untuk mengorganisir dan memanage koleksi musik anda. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ada di TagScanner, anda bisa mengubah dan mengedit ID tag dengan jauh lebih mudah dan cepat daripada ketika anda menggunakan tag editor bawaan dari music player anda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh TagScanner antara lain:

1. Memanage dan mengorganisir koleksi musik anda dengan mudah.
2. Mengedit dan mengubah tag file musik anda.
3. Merename file secara otomatis berdasarkan informasi yang ada di ID Tag.
4. Merename file berdasarkan ID tag nya.
5. Mentransformasi data yang ada di tag maupun file name.
6. Mendapatkan data album info dari online music database seperti Freedb dan Amazon.
7. Bisa mengedit banyak Tag musik sekaligus.
8. Memiliki fitur playlist maker untuk membuat dan mengekspor playlist ke file HTML atau Excel.
9. Mendukung berbagai macam format audio populer seperti MP3, OGG, Musepack, Monkey’s Audio, FLAC, AAC, OptimFROG, SPEEX, WavePack, TrueAudio, WMA, MP4 dan lain-lain.
10. mendukung berbagai macam jenis ID tag seperti ID3 1.0/1.1/2.2/2.3/2.4 tags, APE v1 and v2 tags, Vorbis Comments, WMA tags dan MP4(iTunes) metadata.
11. bisa mengedit dan menambahkan cover art dan lirik pada file musik.

TagScanner ini bisa anda dapatkan secara gratis dengan mendownloadnya disini:

http://xdlab.ru/en/download.htm

Langsung klik saja link download sesuai dengan versi yang anda inginkan (Installer atau portable)

Download TagScanner

Dengan menggunakan TagScanner ini, maka mengubah ID tag koleksi musik anda menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa mengubah ID tag banyak file musik koleksi anda sekaligus. Selamat mencoba :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • bayu

    mantap softwarenya,,,

    thanks ya,,,,,