Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

PG harus mengakui bahwa fitur power option bawaan Windows tidak cukup cerdas untuk menghidupkan dan mematikan komputer secara otomatis. Pernah PG mengalami hal yang sangat tidak mengenakkan terkait hal ini. Ketika PG mendownload file yang ukurannya cukup besar dan tidak selesai hingga malam, PG memutuskan untuk tidur dan membiarkan komputer bekerja sendirian. Berita buruknya adalah, ketika PG bangun komputernya malah tidur..membuat proses download file 2GB yang saat itu sudah 80% terhenti dan gagal. Hal ini dikarenakan Windows power management yang entah kenapa..tidak menyadari bahwa komputer saat itu sedang sibuk. Ouch…!

Jika kamu pernah mengalami hal yang sama, SmartPower mungkin akan menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi hal tersebut. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini jauh lebih “cerdas” dibandingkan dengan power option yang dimiliki oleh Windows.

Dengan SmartPower kamu bisa menghemat energi (dan uang juga tentunya), tanpa harus mengorbankan berbagai aktivitas yang sedang dilakukan komputer.

Yang harus kamu lakukan hanyalah mendownload SmartPower, menginstallnya, dan memberikan rule untuk mengatur kapan komputer kamu menyala dan kapan komputer kamu akan mati sendiri.

SmartPower bisa didownload disini secara gratis:

http://ignatu.co.uk/SmartPower.aspx

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

NB: Software ini memerlukan .NET Framework 3.5

Setelah terinstall, kamu bisa langsung menjalankan aplikasi ini dan memasukkan rule yang kamu inginkan.

 

Oke, PG akan sedikit mengulas tentang beberapa rule di SmartPower yang kemungkinan akan sering kamu butuhkan :

1. Tab schedule bisa kamu isi dengan jadwal menyala komputer kamu. Di luar jadwal yang kamu atur, maka komputer akan otomatis dimatikan. Disini juga terdapat menu Wake-up, dimana kalau kamu pilih yes..maka setiap jadwal menyala..komputer akan menyala secara otomatis. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu schedule sekaligus.

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

 

2. Tab users bisa kamu isi dengan waktu idle. Jika kamu mengisi 30 menit, maka setelah 30 menit tidak ada aktivitas, komputer akan otomatis mati.

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

 

3. Tab Devices bisa mengatur mati atau tidaknya komputermu berdasarkan mati atau tidaknya komputer lain. Katakanlah di rumahmu ada 3 komputer network, kamu bisa mengatur jika 1 komputer menyala..maka kedua komputer lainnya ikut menyala. Bisa juga jika satu komputer mati, maka kedua komputer lainnya ikut mati.

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

 

4. Tab CPU bisa kamu isi dengan prosentase penggunaan CPU. Selama CPU yang digunakan masih diatas prosentasi tersebut, komputer akan tetap aktif. Jika kurang dari batas tersebut, komputer akan otomatis mati.

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

 

5. Tab Processes bisa kamu isi dengan process dari sebuah software. Misalkan saja kamu tidak ingin komputermu mati saat proses download dengan IDM berlangsung, maka isi saja dengan IDMan (IDMan.exe adalah process dari IDM, masukkan tanpa ekstensi .exe). Kamu bisa mendapatkan daftar process ini dengan membuka windows task manager

Menghidupkan dan Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan SmartPower

Masih ada beberapa tab lainnya, tetapi kelima tab itulah yang paling sering untuk kita gunakan.

 

Nah..sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir komputermu mati sendiri saat sedang melakukan proses download yang lama. Kamu juga tidak perlu khawatir lagi ketika ketiduran dengan komputer yang masih menyala. semua proses power management komputer akan diambil alih secara cerdas oleh SmartPower.

Selain dengan menggunakan SmartPower, kamu juga bisa mematikan komputer secara otomatis dengan WindMend Auto Shutdown, Shutdown Scheduler, atau bahkan tanpa software sekalipun.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Rudy Susetyahadi

    wahh.. ini dia yang aku cari..
    Artikel yg sangat bagus sobh ^^b

    klo ada waktu senggang silahkan maen ke Gubug saya yg lusuh
    http://fieroe-fieroe.blogspot.com

  • Arif

    ok, Qblm cba sftwarenya.. Qska artikelnya and yg buat jg Qska.. hoho.

  • http://twitter.com/Bumi_Bahagia Imam awaludin

    Gan… settingannya cuma bisa suspend aja?, ngga’ ada hibernate nya?,
    emang sih komputernya bisa standby mode, tapi kenapa ngga’ bisa wake up?

  • Chapat

    Saya sudah instal dan sudah buat jadwal, jadwal hidup mulai jam 06.40 sd 13.05 tp koq gak bisa otomatis hidup sendiri pada jam itu? mohon bantuannya.

    • Tata Shaukang

      gak ada aliran listrik kalee?, colokan listrik harus standby mode ready ..

    • Tata Shaukang

      untuk menghidupkan otomatis pada jam tertentu, tidak perlu menggunakan software, cukup masuk ke stting bios lalu enablekan RTC alarm lalu pilih jam,menit,detik dimana kompi sobat dijadwalkan hidup (log on) sendiri. catt : colokan listrik harus selalu terhubung, jika mati lampu dan lewat dari jam yg diatur tersebut maka pc tdk akan menyala ..tips : gunakan UPS agar supply daya tetap ada mesti listrik PLN mati ..

  • ali

    aku punya server data, selama ini untuk menghidupkan dan mematikan masih secara manual, apa software tersebut bisa digunakan untuk server data saya tersebut? oh ya perlu diketahui, saya menggunakan server data dengan os windows server 2003. terima kasih

    • http://www.pusatgratis.com/ pusatgratis

      yup..bisa :D
      SmartPower memang cocok sekali untuk server :D