Menghentikan Email yang Masuk ke Akun Gmail dengan Inbox Pause

Saat ini, email merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan cepat secara online. Bahkan di Jepang, pelajar sekolah mengirim email dengan ponsel hampir sama frekuensinya dengan mengirim SMS. Kalau kamu salah satu ‘korban’ dari kepraktisan modernisasi ini, dan tidak ingin agar ponsel atau perangkat desktop kamu terus-terusan menerima email pada saat kamu sedang sibuk, maka kamu dapat memanfaatkan Inbox Pause.

InBox Pause adalah ekstensi / add-on browser untuk Chrome dan Firefox. Konsepnya mirip dengan menuliskan pesan “Saya sedang sibuk” di pintu kantor kamu. Gampangnya begini: Tiap kali kamu menerima sebuah pesan, maka pengirim pesan tersebut akan mendapatkan jawaban otomatis yang menginformasikan kepadanya bahwa pesan yang masuk ke kamu tidak dapat dibaca saat ini karena kamu sedang sibuk. Kamu bisa menunda (pause) email kamu kapan saja via tombol ekstensi yang terintegrasi pada interface Gmail.

Menghentikan Email yang Masuk ke Akun Gmail dengan Inbox Pause

Setelah kamu menginstall add-on atau ekstensi untuk browser kamu, maka setiap kali membuka akun Gmail, maka kamu akan mendapatkan tombol tambahan di sebelah “Gmail”, yaitu tombol “Pause” dengan menekan tombol ini, maka kamu akan bisa menghentikan sebentar email yang masuk ke akun kamu.

Menghentikan Email yang Masuk ke Akun Gmail dengan Inbox Pause

Setelah menekan tombol pause, kamu perlu memberikan izin pada Inbox Pause untuk menghentikan (pause) surat-surat yang sedianya akan dikirimkan ke dalam akun Gmail kamu. Kamu juga dapat men-set pesan keluar. Inbox Pause akan menyediakan sebuah template pesan yang bisa kamu ubah sesukanya. Sebenarnya, kamu juga tidak harus men-set auto responder, atau surat balasan langsung, tapi ini akan menjadikan orang-orang yang mengirim email kepada kamu mengira email mereka sampai dan nantinya berpotensi menimbulkan kesalahpahaman. Jadi, men-set autoresponder merupakan salah satu langkah yang bijak.

Menghentikan Email yang Masuk ke Akun Gmail dengan Inbox Pause

 

Kamu bisa mendownload inbox pause di:

http://inboxpause.com/

Jika nanti kamu sudah tidak sibuk lagi, kamu bisa klik unpause dan semua email yang masuk ketika kamu sibuk akan langsung dipindahkan ke inbox.

Inbox Pause ini akan sangat bermanfaat bagi kamu, terutama bila kamu memanfaatkan email sebagai salah satu sarana berkirim pesan umum sehari-hari. Kamu bisa mengambil nafas sejenak dan berfokus pada apa yang kamu kerjakan tanpa mengkhawatirkan email yang masuk ke akun Gmail kamu.

Selain mem-pause inbox Gmail, kamu juga bisa menjadwalkan email gmail kamu dengan add on Boomerang.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini