Menghapus Folder atau Disk Kamu Selamanya dengan Disk Redactor

Sebelum ini, PG telah mereview beberapa aplikasi yang dapat menghapus file kamu selamanya dengan menggunakan algoritma tertentu, seperti misalnya File Shredder. Aplikasi semacam ini akan sangat bermanfaat bila kamu ingin menghapus data sensitif kamu dalam situasi dimana kamu akan memberikan atau menjual perangkat hard drive kamu. Kali ini PG akan mereview aplikasi dengan fungsi yang kurang lebih serupa, yaitu Disk Redactor

Disk Redactor merupakan perangkat WIPE (hapus bersih), yang mencegah file lama di-restore kembali dari hard disk kamu. Semua ruang kosong di hard disk kamu akan dihapus dari berbagai informasi lama.

Menghapus Folder atau Disk Kamu Selamanya dengan Disk Redactor

Ini perlu, karena fungsi ‘delete’ kadang tidak membersihkan ruang dimana file tersebut berlokasi dan hanya menandai entri dalam direktori (folder) dimana file tersebut dihapus. Bila di-delete dengan cara biasa, maka informasi tadi masih bisa di-restore. Informasi lama tidak akan tersedia hingga file baru menindih (overwrite) file tersebut. Nah, aplikasi ini menggunakan ruang yang sama dalam disk untuk melakukan penghapusan.

Berikut ini merupakan interface dari Disk Redactor. Aplikasi ini sebenarnya gratis. Namun ia akan menawarkan kepada kamu, bahwa bila kamu membayar untuk membeli lisensinya, maka Disk Redactor akan memberikan fitur-fitur tambahan untuk kamu.

Menghapus Folder atau Disk Kamu Selamanya dengan Disk Redactor

Fitur utama dari Disk Redactor adalah menghapus folder atau disk secara cepat dan tidak dapat di-restore kembali. Jadi, berhati-hatilah bila kamu menghapusnya. Jangan sampai kamu menghapus file atau disk yang sebenarnya masih kamu butuhkan. Bila kamu tak sengaja menekan tombol, kamu bisa membatalkannya dengan mengklik ulang tombol “Cancel Wipe”

Menghapus Folder atau Disk Kamu Selamanya dengan Disk Redactor

Menghapus Folder atau Disk Kamu Selamanya dengan Disk Redactor

 

Halaman Utama Disk Redactor bisa kamu kunjungi di

http://www.cezeo.com/products/disk-redactor/

Kamu bisa mendownload Disk Redactor dari:

http://www.cezeo.com/downloads/disk-redactor.exe

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang praktis dan mudah digunakan untuk menghapus folder atau drive disk yang berisi data sensitif kamu. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka data kamu tidak akan bisa di-restore ulang, sehingga kamu akan merasa lebih lega bila menyerahkan hard disk kamu kepada teman dan saudara atau menjualnya ke toko.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini