Menghapus File Selamanya dari Hard Drive dengan File Shredder

Perkembangan teknologi kadang memaksa kita untuk cepat upgrade agar tidak ketinggalan. Rasanya belum lama bagi PG ketika teknologi hard disk masih dalam kisaran puluhan Giga, lalu kini melonjak ke tingkat terra. Perkembangan teknologi selalu membawa korban bagi teknologi lama. Menginginkan tempat penyimpanan yang lega bagi hard disk terkadang menjadikan kita memilih solusi: menjual hard disk yang lama, lalu membeli hard disk baru yang lebih besar. Hal yang perlu kamu waspadai bila melakukan hal ini adalah mengamankan data pribadi. Terkadang memang kita memiliki data pribadi yang kita tidak ingin agar orang lain sampai tahu. Menghapus file pribadi tersebut dari memori atau hard disk terkadang tidak menyelesaikan permasalahan karena dengan sebuah aplikasi Recovery, file mu dengan mudah bisa dimunculkan kembali. Lalu, bagaimana solusinya? Salah satunya, kita bisa menggunakan aplikasi File Shredder, yang mana memang bertujuan untuk menghapus file selamanya dari hard disk.

File Shredder akan menghapus file kamu secara aman sehingga tidak dapat di-recover lagi. Ketika kamu menghapus file menggunakan metode penghapusan konvensional dari Windows, file tersebut tidak benar-benar hilang. Windows menganggap file tersebut tidak lagi dibutuhkan dan memberikan ruang bebas untuk file tersebut (padahal sebenarnya file itu masih ada). Kalau menggunakan cara biasa, maka file kamu akan bisa di-recover kembali hingga file tersebut di-overwrite oleh data lain.

Bila kamu menggunakan File Shredder untuk menghapus file, file tersebut akan di-overwrite dengan data di bagian lain dari hard drive kamu sebelum dihapus total. Kamu bisa menggunakan lima macam algoritma shredding untuk memastikan bahwa file kamu terhapus total. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menghapus ruang hard disk yang tidak berguna.

Interface dari File Shredder sangat sederhana. Kamu tinggal menambahkan file atau folder ke kolom yang disediakan, lalu menghapus seluruh pilihan kamu, atau juga menghapusnya satu persatu. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghapus partisi tertentu dari hard disk kamu.

Menghapus File Selamanya dari Hard Drive dengan File Shredder

Menghapus File Selamanya dari Hard Drive dengan File Shredder

Untuk mengatur algoritma mana yang ingin kamu gunakan untuk shredding, klik bagian Setting, maka kamu bisa mengaturnya dengan bebas.

Menghapus File Selamanya dari Hard Drive dengan File Shredder

 

Kamu bisa mendownload File Shredder di:

http://www.fileshredder.org/files/file_shredder_setup.exe

Halaman utama File Shredder

http://www.fileshredder.org/

Aplikasi File Shredder ini bisa kamu gunakan untuk menghapus file yang kamu inginkan. Bila kamu memiliki data sensitif yang kamu tidak ingin orang lain membukanya, misalnya daftar kartu kredit kamu beserta password, maka akan lebih bijak bila sebelum kamu mengganti hard disk kamu dengan yang baru, kamu menghapus terlebih dahulu data-data penting kamu dengan menggunakan aplikasi ini.

Selain menggunakan File Shredder, kamu juga bisa menghapus file secara permanen dengan File Secure Free, Steganos Trace Destructor, dan Eraser.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Kalpataru A.I

    Wow, Mantab !!