Menghapus File Kembar di Hard Drive dengan Alldup

PG berani bertaruh bahwa di hard drive kamu pasti ada file yang kembar! Yang paling sering terjadi adalah file lagu dan file referensi. Seringkali kamu mengkopi lagu tanpa sadar bahwa kamu sudah memiliki lagu yang sama. Dan bila kamu mahasiswa, PG yakin kamu sering mengkopi file referensi berupa jurnal atau makalah yang sama berulangkali karena tidak yakin sudah memilikinya. Kadang terlalu banyak file kembar atau duplicate file akan memboroskan ruang hard drive kamu. Oleh karena itu, marilah kita mencari dan menghapusnya – atau bila ternyata hanya nama filenya saja yang sama, kamu bisa mengambil opsi untuk merename file tersebut.

Alldup: Satu Lagi Alternatif untuk Menghapus File Kembar di Hard Drive Kamu!

Bagaimana kita bisa melakukannya? PG disini menawarkan software gratisan bernama AllDup!  AllDup adalah software yang dapat menscan, mencari, dan menghapus file kembar dari berbagai tipe file di PC kamu.

AllDup akan sangat bermanfaat bila kamu memiliki data yang sangat besar di hard drive kamu dan tidak punya ide bagaimana caranya menemukan file kembar dari hard drive yang ukurannya bergiga-giga tersebut. Pengembang AllDup menawarkan program ini dalam bentuk installer dan portabel. Bila menggunakan versi installer, setelah menginstall aplikasi ini, kamu akan menghadapi sebuah interface yang sederhana.

Alldup: Satu Lagi Alternatif untuk Menghapus File Kembar di Hard Drive Kamu!

Bila kamu ingin memanfaatkan AllDup, centang drive yang kamu inginkan. Lebih baik jangan langsung seluruh drive karena akan melelahkan menganalisis  banyak file. Setelah menentukan lokasi pencarian, tekan tombol Start Search di bar sebelah atas.

Alldup: Satu Lagi Alternatif untuk Menghapus File Kembar di Hard Drive Kamu!

Nah, kemudian kamu bisa menentukan langkah lanjutan seperti menghapus file yang tidak kamu inginkan atau merename-nya. Tekan tombol di bawah tab Search File. Itu merupakan tombol yang fungsinya untuk menghapus atau merename file sesuai kebutuhan.

Alldup: Satu Lagi Alternatif untuk Menghapus File Kembar di Hard Drive Kamu!

Dalam daftar tersebut ditampilkan file kembar yang ditemukan dengan cara membandingkan kesamaan nama dan ukuran. Dengan demikian maka kamu mudah memanajemen file-file kembar kamu. Apakah akan direname atau dihapus, semua terserah keputusan kamu.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Menscan dan menghapus file kembar (duplicate files)
  • Menggunakan banyak kriteria untuk menemukan file kembar, termasuk analisis byte-by-byte
  • Bisa menambahkan entry ke konteks menu klik kanan untuk langsung melakukan scan
  • File kembar bisa dihapus secara permanen atau hanya dikirim ke Recycle Bin
  • Portabel
  • cukup cepat

Sedang kekurangannya mungkin interface yang penuh tombol rumit dan perlu dipelajari satu persatu sebelum memahami secara utuh.

Kamu bisa mendownload aplikasi ini di:

http://www.alldup.de/en_download.htm#alldup

Dengan AllDup, kamu bisa mengurangi beban hard drive kamu dengan menghapus banyak file-file yang identik. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba Anti Twin Duplicate File Finder atau Double Killer yang pernah direview oleh PG juga.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini