Mengganti Background Google Search dengan Custom Google Background Extension

Google terkenal atas kesederhanaannya dalam menyusun tampilan website mesin pencarinya. Kesadaran ini didasarkan pada riset yang panjang untuk memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan tanpa terganggu oleh elemen-elemen yang tidak diperlukan. Sekedar informasi, Google tenar sebagai perusahaan yang membasiskan seluruh kebijakannya atas statistik. Untuk merancang sebuah halaman search engine yang mudah diakses oleh penggunanya, Google akan melakukan survey mengeai posisi bar search engine, warna yang semestinya digunakan, serta bagaimana tampilan yang diharapkan oleh pengguna. Meskipun terkesan memuja kesempurnaan, Google berkilah bahwa itu semua dilakukan demi kemudahan pengguna sendiri dalam memanfaatkan mesin pencari Google ini.

Dalam perkembangannya, setelah sukses menempatkan Google Chrome sebagai browser paling populer di dunia, Google melakukan beberapa inovasi, terutama pada display dengan membebaskan pengguna untuk mengutak-atik tampilan pada Google Chrome. Kali ini, Google membebaskan pengguna mengganti background dari Search Engine dengan gambar yang disukai demi menyenangkan para penggunanya. Opsi yang cukup menarik karena mungkin kita bosan dengan tampilan Google yang datar dan berwarna putih.

 

Mengganti Background Google Search dengan Custom Google Background Extension

Untuk mengganti background Google ini, kita harus memanfaatkan sebuah ekstensi, yaitu Custom Google Background yang bisa diperoleh dengan cara mengunjungi Chrome Store berikut:

https://chrome.google.com/webstore/detail/custom-google-background/jepibmfmhopgkplegmkjgifmhabbjadg

Kamu tinggal menambahkan ekstensi Chrome ini di Google Chrome kamu dengan mengklik “Add to Chrome”.

Mengganti Background Google Search dengan Custom Google Background Extension

Setelah itu kamu akan dibawa pada halaman yang mengarahkan kamu untuk menambahkan gambar, baik dari hard drive kamu maupun dari tautan tertentu di internet. Kamu juga bisa mempersonalisasikan berbagai tombol yang ada di website mesin pencari Google dengan cara menghilangkan mana-mana tombol yang tidak kamu sukai sesukamu.

 

Mengganti Background Google Search dengan Custom Google Background Extension

Setelah melakukan pengaturan, maka ketika kamu mengklik https://google.co.id, maka akan keluar tampilan mesin pencari dengan gambar background pilihan kamu.

 

Mengganti Background Google Search dengan Custom Google Background Extension

Dengan memanfaatkan fitur dari ekstensi Chrome ini, maka kamu dapat melakukan sedikit modifikasi pada browser Chrome kamu guna menghindari kebosanan oleh tampilan Google yang cenderung itu-itu saja. Kamu juga bisa berganti background secara berkala, cukup dengan mengakses ekstensi tersebut, lalu melakukan beberapa editing sekali lagi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Sammy Setiawan

    Ingin punya website untuk perusahaan Anda? Atau bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha Anda ke dalam dunia online? Lihat berbagai macam template pilihan yang pas untuk usaha Anda di http://sammysetiawan.com/page/template

  • Thx bagus infonya
    :)