Mengetahui Penyebab Lambatnya Sebuah Website dengan YSlow

Seorang web developer pasti ingin membuat website yang cantik, bermanfaat, dan super cepat ketika di load. Namun sayangnya ada berbagai hal yang bisa menyebabkan sebuah website menjadi lambat untuk di load. Jika kamu adalah web developer yang sedang mengembangkan sebuah website, atau pengunjung yang penasaran kenapa website yang kamu akses begitu terasa lambat ketika dibuka, kamu bisa menggunakan YSlow untuk mengetahui semua penyebabnya.

Menyelidiki Kenapa Website yang Kamu Akses Melambat dengan Yslow

YSlow adalah sebuah layanan yang sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang tengah mengembangkan sebuah website. YSlow akan memberikan berbagai informasi tentang apa saja yang membuat website tersebut berjalan lambat. Selain itu YSlow juga dilengkapi dengan ekstensi/addon browser sehingga mempermudah kamu dalam melakukan pengecekan.

Ketika melakukan instalasi YSlow ke browser Firefox, jangan lupa untuk menginstall juga Firebug untuk melengkapi add-on ini. YSlow akan hadir di bawah browser kamu, tepat di bagian pencatat cookies.

Menyelidiki Kenapa Website yang Kamu Akses Melambat dengan Yslow

bila ingin melakukan pemeriksaan, lebih dulu kamu harus klik kanan setelah membuka website, lalu pilih “Inspect Element with Firebug”. Perintah ini akan memicu terbukanya YSlow di bagian bawah browser untuk memberikan laporan.

Menyelidiki Kenapa Website yang Kamu Akses Melambat dengan Yslow

Setelah halaman YSlow terbuka di browser, kamu bisa melakukan pengujian untuk mengetahui penyebab lambatnya sebuah website.

Menyelidiki Kenapa Website yang Kamu Akses Melambat dengan Yslow

Hasil pengujian tersebut akan disajikan secara lengkap dan jelas. Tentu saja diperlukan sedikit pengetahuan web development untuk bisa memahaminya.

Menyelidiki Kenapa Website yang Kamu Akses Melambat dengan Yslow

Perlu diingat bahwa terkadang hasil dari YSlow tidak selalu sama, bahkan setelah kamu melakukan tes berturut-turut. Ini karena web server memiliki jumlah load yang berbeda dari detik ke detik berikutnya, jadi perbedaan dalam performa adalah wajar asalkan tidak terlalu drastis perubahannya.

Halaman Utama YSLow

http://yslow.org/

Download Add-on Yslow untuk Mozilla Firefox di:

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/5369

Download Ekstensi Yslow untuk Chrome di:

https://chrome.google.com/webstore/detail/ninejjcohidippngpapiilnmkgllmakh

Jadi kini kamu sudah tidak penasaran lagi khan jika website yang kamu kembangkan terasa lambat? Parameter tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat website kamu menjadi lebih cepat ketika diakses. Ngomong-ngomong..PG juga termasuk website yang lambat ni..hiks… >,<

waktunya beres-beres :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini