Mengetahui Apa Saja yang Dilakukan Saat Menggunakan Komputer dengan TimeSnapper

Bila kita bisa melacak apa saja yang kita kerjakan dengan komputer, kira-kira apa ya manfaatnya? Sebetulnya banyak. Dengan mengamati kinerja kita sendiri, maka kita akan dapat meneliti efektivitas dan performa kita (terutama bila memang pekerjaan utama kamu banyak memakan waktu di depan komputer). Dalam sistem kerja kantor, hal ini bermanfaat untuk manajer guna menilai kinerja bawahannya, serta bisa mencari cara untuk meningkatkan efektivitas karyawan guna menghasilkan produk barang atau jasa yang lebih baik. Nah, untuk kita pribadi, kita bisa memeriksa produktivitas kamu di depan komputer. Jangan-jangan waktu kita cuma habis di depan sosial media atau forum belaka, padahal banyak hal yang perlu kita kerjakan? Ough… Bahaya!…

Aplikasi yang dapat membantu kita dalam hal ini adalah TimeSnapper!

Mengetahui Apa Saja yang Dilakukan Saat Menggunakan Komputer dengan TimeSnapper

 

Ini merupakan aplikasi ringan yang mudah digunakan. Aplikasi ini bisa merekam dan menganalisis aktivitas komputer kita dengan bantuan snapshot interval.

Anda bisa mendownload TimeSnapper disini: http://www.timesnapper.com/

Setelah menginstall TimeSnapper, anda perlu mendaftar secara online dan mengakses link download melalui alamat email khusus. Setelah menginstall aplikasi ini, maka anda akan mendapati sebuah interface sederhana, yang memungkinkan merekam kegiatan berkomputer anda dan memutar ulang bagian waktu yang ingin anda lihat.

Mengetahui Apa Saja yang Dilakukan Saat Menggunakan Komputer dengan TimeSnapper

 

TimeSnapper akan mengambil screenshot setiap detik aktivitas anda dan memainkannya seperti sebuah film dan memungkinkan anda mengakses waktu tertentu (tracking time). Screenshot tersebut disimpan sesuai yang sudah diatur penggunanya dengan interval tertentu tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Saat meng-klik tombol Record, aplikasi ini akan masuk ke system tray dan mulai merekam. Tergantung kebutuhan, hasil rekaman dapat di-paused dan direkam kembali dengan mudah. Dengan tombol Options, kamu bisa dengan mudah mengatur kualitas gambar dengan memilih format dan resolusi yang disukai untuk gambar yang disimpan, yang mana akan memudahkan hard disk kamu.

Tapi tentu saja dalam penggunaan jangka panjang, aplikasi ini akan membebani hard disk, karena aplikasi ini terus menerus beroperasi secara background dan merekam seluruh aktivitas kita di komputer. Menghadapi situasi ini, kamu tinggal mengakses tab Auto Clean Up di bagian Go To -> Options, yang mana akan memungkinkan kamu untuk menghapus atau menyimpan screenshot tertentu.

Gambar tersebut dapat dihapus baik secara manual atau otomatis. Penghapusan otomatis harus diperiksa dulu, siapa tahu ada screenshot aktivitas yang perlu disimpan. Tapi bila tidak ada, dan kamu ingin menghapus bersih, langsung klik Delete all history.

Mengetahui Apa Saja yang Dilakukan Saat Menggunakan Komputer dengan TimeSnapper

 

Untuk memperlihatkan aktivitas komputer yang direkam, tinggal klik Play Movie pada aplikasi tersebut dan mulai menganalisis kegiatan kamu yang sudah tercatat. Dengan meng-klik bagian tanggal di pojok kanan atas, kamu bisa mengakses kalender untuk melakukan browsing lebih jelas.

Aplikasi ini sebenarnya gratis, tapi bila memerlukan fitur yang lebih banyak, tersedia lisensi untuk TimeSnapper Professional seharga $24.95, dengan fitur lebih lengkap seperti productivity calculator, reporting, flags, shortcuts menu dan detailed statistics untuk penilaian yang lebih baik.

Nah silahkan menganalisis produktivitas kamu sendiri dengan TimeSnapper ini. Semoga bermanfaat ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini