Mengetahui Aktivitas Komputer dengan LastActivityView

Apa manfaatnya mengetahui aktivitas komputer kamu? Ow banyak sekali! Terutama bila komputer kamu adalah ‘komputer bersama’ yang sering digunakan bareng-bareng baik dengan keluarga ataupun teman satu kos-kosan. Dengan mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan di PC kamu, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah preventif alias pencegahan. Misalnya, kamu tahu ada seorang teman kamu yang hobi membuka-buka file pribadi kamu, atau mungkin bila dalam keluarga, adik kamu ternyata hobi mengakses situs-situs yang semestinya tidak ia buka. Dengan mengetahui kegiatan komputer kamu, maka kamu nantinya bisa melakukan ‘rencana’ pencegahan agar hal yang buruk tidak terjadi. Salah satu cara untuk mengetahui aktivitas komputer kamu adalah dengan menggunakan software LastActivityView

 Memperlihatkan Aktivitas Komputer Kamu dengan LastActivityView

LastActivityView, adalah program yang memungkinkan kamu melihat semua aktivitas yang dilakukan di PC atau laptop. Yang membedakannya dari software serupa adalah, kamu tidak perlu menjalankannya secara background untuk memonitor aktivitas. Software ini langsung memberikan laporan dari Event Viewer dan Windows log, serta mengaturnya ke bentuk yang mudah dibaca. Kamu bahkan bisa memeriksanya melalui Dynamic Link Libraries yang digunakan untuk melaksanakan fungsi spesifik dan seberapa sering sebuah aplikasi terhubung dengan file system. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melihat file yang diakses, folder, dan aplikasi.

Begitu dibuka, LastActivity View langsung menampilkan user interface dengan laporan penggunaan komputer kamu.

 Memperlihatkan Aktivitas Komputer Kamu dengan LastActivityView

Ada aktivitas yang ingin kamu ketahui secara spesifik? Gunakan fitur find dengan mengklik ikon loupe atau di bagian View > Find

 Memperlihatkan Aktivitas Komputer Kamu dengan LastActivityView

double-klik laporan tertentu, maka kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dalam kolom “properties”

 Memperlihatkan Aktivitas Komputer Kamu dengan LastActivityView

 

Kamu juga bisa mendapatkan laporan dalam bentuk HTML dari LastActivityView dengan memanfaatkan fitur HTML Report di Tab “Tools”.

 Memperlihatkan Aktivitas Komputer Kamu dengan LastActivityView

Kamu bisa mendapatkan LastActivityView di:

http://www.nirsoft.net/utils/computer_activity_view.html

LastActivityView merupakan software yang ringan dan mudah digunakan untuk kamu memantau aktivitas komputer kamu. Ini akan sangat bermanfaat bila PC atau laptop yang kamu gunakan sering diakses oleh pihak lain, seperti misalnya adik-adik atau teman-teman kos. Dengan mengetahui apa saja yang mereka akses, maka kamu bisa menyusun upaya preventif, misalnya jika mereka mengakses file atau situs yang semestinya tidak mereka akses.

Selain LastActivityView, kamu juga bisa memanfaatkan HistoryViewer yang memiliki fungsi kurang lebih serupa.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Chaidir Setiawan

    Nice Info
    Thx