Mengedit File Berformat Apapun dengan Free Editor

Kita seringkali perlu untuk mengedit berbagai tipe file, akan tetapi tidak dapat menemukan software yang cocok untuk keperluan itu. Nah, bila kamu sering berurusan dengan dokumen yang beraneka ragam serta memerlukan software untuk mengeditnya dengan cepat, coba gunakan Free Editor.

Free Editor adalah software editing yang sangat cocok untuk melakukan pekerjaan ini, dimana kamu bisa mengedit berbagai macam file dengan satu software saja. Aplikasi ini bisa mengedit file Microsoft Office, misalnya, DOC, XLSX, PPTX, DOTX, DOCX, VCF dan sebagainya, file gambar seperti JPEG, RAW, ICO, GIF, TIF, PSD, BMP, PNG dan lain-lain. Bahkan juga beberapa bahasa coding seperti JSP, CS, SQL, VB, KML, ASPX, PHP dan sebagainya – juga bisa dikerjakan dengan aplikasi ini.

Terlebih lagi, kamu juga bisa mengedit beberapa ekstensi Widnows termasuk EXE, SCR, DLL, diantaranya, juga tipe dokumen lain seperti EPUB, WPS, PDF, WPD, TXT, LOG, QIF, RTF, XML, BAT dan banyak lagi.

Mengedit File Berformat Apapun dengan Free Editor

 

Dengan semua kemampuan ini, pastilah aplikasi ini merupakan software solusi editing file yang paling menyeluruh yang pernah saya jumpai. Aplikasinya terdiri dari empat komponen utama, yaitu: Document Editor, Image Editor, Hex Editor dan Resource Editor. Ini merupakan alat yang sangat praktis untuk dengan cepat berhubungan dengan file-file pendukung, sehingga kamu tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengeditnya. User interface-nya yang sederhana sudah dapat mencakup semuanya dan bisa digunakan baik untuk pengguna pemula atau yang sudah ahli.

Bila kamu tertarik, silahkan mendownload aplikasi ini di:

http://www.freeeditor.com/

Document Editor sudah cukup bagus untuk memuaskan seluruh kebutuhan editing mendasar. Akses cepat di bagian atas memiliki berbagai shortcut untuk tindakan seperti Open, Refresh, Save, Save As, Undo, Redo, Copy, Paste, Zoom In, Zoom Out dan sebagainya. Penempatan Toolbar dari Free editor kebanyakan terletak di bawah. Toolbar ini menyediakan banyak fitur editing yang memungkinkan kamu mengubah tipe font, warna, dan ukuran serta mengubah gaya font ke cetak tebal (Bold), cetak miring (Italic), garis bawah (Underline) dan coret (strikethrough). Kamu juga bisa mengubah dan memasukkan item lain ke dalam dokumen termasuk tabel, kolom, dan sebagainya.

Mengedit File Berformat Apapun dengan Free Editor

Setelah saya coba, Microsoft Excel juga bisa dibuka di Free Editor, dan aplikasi ini tidak bermasalah sama sekali dalam membukanya. Aplikasi ini memungkinkan kamu menambah (Add) dan memasukkan (Insert) lembar excel, mengubah nama (Rename Active Sheet), juga menghapus lembar tunggal. Ini juga bisa membuka file tanpa mengganggu file aslinya. Kamu juga bisa menambahkan gambar ke dalam file ini.

Mengedit File Berformat Apapun dengan Free Editor

Aplikasi ini juga memiliki Image Editor terintegrasi, yang memungkinkan untuk melakukan editing gambar secara mendasar. Misalnya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan Rotate, Crop dan Resize gambar, dan lebih lanjut, kamu juga bisa menggunakan efek Blur, Sepia dan Grayscale, serta menambahkan kecerahan (brightness) dan contrast pada gambar.

Mengedit File Berformat Apapun dengan Free Editor

Sebagai tambahan lagi, program ini juga memiliki Hex Editor dan Resource Editor, yang bisa diakses melalui Quick Access bar. Hex Editor memungkinkan kamu mengedit berbagai file sistem, sementara Resource Editor menyediakan prosedur editing tingkat lanjut seperti ikon file kamu.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang banyak bekerja menggunakan berbagai file, dan secara praktis dapat langsung kamu gunakan untuk mengedit berbagai file tersebut. Tentu saja “kedalaman” editing software ini tidak seperti aplikasi yang secara spesifik melakukan editing terhadap dokumen secara khusus.

Selain editor file berformat apapun, PG juga pernah membahas viewer file berformat apapun yang mungkin bermanfaat juga bagi kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini