Mengedit Audio dengan Mudah Menggunakan Oceanaudio

Ketika tengah mengerjakan file audio, seringkali kita mendapati situasi dimana kita memerlukan modifikasi untuk track tertentu. Misalnya kalau terlalu bising atau vokal terlalu tenggelam, maka kamu akan memerlukan efek yang bisa meminimalkan suara yang tidak diinginkan.

Jika kamu perlu untuk mengubah audio atau membuat versi remix, maka audio editing dan alat analisis diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini. Untuk itu, kamu bisa mencoba Ocenaudio. Ini adalah alat audio analisis dan editing dengan interface yang menarik dan bermanfaat yang akan membantu kamu dalam mengedit file audio yang kamu inginkan.

Aplikasi ini mendukung plugin VST (Virtual Studio Technology), real-time previews untuk efek, manajemen untuk beberapa audio file, fitur spectogram, dan bisa mengedit dengan cepat file-file besar, serta keuntungan lainnya. Tombol-tombol yang bermanfaat langsung muncul bila kamu perlukan sehingga kamu bisa berfokus pada segmen audio yang sedang kamu edit. Bahkan kamu bisa mengambil snapshot audio untuk keperluan dokumentasi.

Bila kamu tertarik menggunakan aplikasi editor audio yang keren ini, download saja di:

http://www.ocenaudio.com.br/download

 

Setelah menyelesaikan prosedur instalasi, kamu bisa mengimpor file audio ke workspace.

Mengedit Audio dengan Mudah Menggunakan Oceanaudio

Bila kamu adalah pengguna yang sudah ahli, klik New di menu File untuk menspesifikkan Channels dan memilih Sample Rate (dalam Hz) serta resolusi (dalam bits) dari daftar nilai yang mendukung. Kamu bisa memasukkan file dari clipboard atau menggunakan menu File –> New From. Atau bisa juga membuka file dari sistem atau URL spesifik. Waktu dan upaya kamu tentu saja akan berkurang karena dengan fasilitas URL, aplikasi ini akan secara langsung mendownload file yang kamu inginkan.

Software ini menyediakan opsi konfigurasi yang sangat banyak, bisa diakses dari menu Edit>Preferences. Preference memiliki empat tab: General (untuk layout dan loading settings), Spectrogram (untuk presets dan tampilan window ini), Network (untuk proxy dan setting otentikasi) serta VST (untuk add/drop plugins). Ingatlah untuk meng-enable opsi “Automatically check for updates” karena Oceanaudio memberikan perbaikan secara berkala.

Mengedit Audio dengan Mudah Menggunakan Oceanaudio

Bila file audio sudah ditampilkan, maka topografi track akan disajikan di bagian atas navigasi. Bila view zoom dilakukan di window utama, kamu bisa meng-klik di bawah tombol ‘kaca pembesar’ di sumbu Y untuk mengganti nilai, mungkin terkait sample, normal atau percentage over time (pada sumbu X).

Mengedit Audio dengan Mudah Menggunakan Oceanaudio

Kini kamu bisa menggunakan efek, mengubah Tones, Noise, Silence, dan fitur DTMF, sementara interfacenya akan menampilkan dampaknya secara real-time. playback controls secara efektif memungkinkan kamu memanipulasi audio melalui manajemen yang efisien dan responsif.

Mengedit Audio dengan Mudah Menggunakan Oceanaudio
Dengan mengambil screenshot dari audio stream, kamu dapat menyimpan untuk dokumentasi, laporan, dan presentasi teknis untuk menunjukkan bedanya dengan output akhir. Aplikasi ini juga mendukung fitur advanced export, yang memungkinkan kamu menyimpan audio track dalam bentuk format RAW, WAV, MP3, OGG, CAF dan sebagainya.

Aplikasi ini akan sangat cocok buat kamu yang hobi mengedit hasil rekaman musik eksperimen kamu sendiri. Mungkin kamu yang bermimpi untuk menjual karya musik kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini agar mendapatkan hasil output maksimal. Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman kamu yang hobi mengerjakan karya-karya audio!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini