Mengecilkan ukuran Gambar secara Praktis dengan TinyPic

Kalau kamu aktif di Forum tertentu, pasti kamu pernah mengalami situasi dimana kamu meng-upload gambar yang terlalu besar di Forum tersebut. Padahal gambar yang ukurannya terlalu besar akan mengganggu kecepatan browsing ke forum tersebut dan bagi mereka yang menggunakan kuota data pasti akan menyedot paket data mereka bagaikan vampir menghisap darah!

Memang sih, kita bisa mengecilkan gambar tersebut dengan memanfaatkan Photoshop. Tapi hal itu akan sangat ribet karena banyak yang perlu kamu buka sebelum berhasil mengecilkan file. Nah, untuk itulah, PG mereview aplikasi praktis TinyPic. Oya, setelah diteliti PG, nama ini tidak ada hubungannya dengan image hosting yang cukup populer, www.tinypic.com.

TinyPic adalah file resizer otomatis. Aplikasi ini akan mengoptimasikan keseimbangan antara ukuran file dan kualitas gambar. File tersebut akan dikurangi ukurannya dengan kerugian kualitas minimal. Tujuannya adalah mengecilkan gambar sehingga mudah digunakan untuk email, upload di forum atau di website. User interface TinyPic ini sangat mudah untuk digunakan bagi pemula sekalipun.

Mengecilkan ukuran Gambar secara Praktis dengan TinyPic

Seperti yang kamu lihat, aplikasi ini nampaknya dirancang khusus untuk mereka yang tidak terbiasa dengan fitur image resize dan tingkat kompresi. Karena itu secara praktis kamu tinggal memilih empat ukuran, yaitu Archive (terbesar, untuk koleksi, berukuran 1600 x 1200), Full Screen, for mail (untuk dikirimkan lewat email), small (untuk diupload sesuai kebutuhan di website atau forum) dan tambahan lagi fitur extra small dengan kualitas yang paling rendah.

Mengecilkan ukuran Gambar secara Praktis dengan TinyPic

Kamu tinggal melakukan drag n drop atau klik pada “File Selection” terhadap gambar yang ingin kamu ubah ukurannya. Dan bila sudah, maka kamu tinggal mengatur folder target untuk menyimpan gambar. TinyPic akan memprosesnya secara otomatis. TinyPic berupaya mempertahankan kualitas gambar dalam operasi resize. Ini akan menjadikan kamu bisa mengubah ukuran gambar dengan cukup praktis.

Kamu bisa mengunjungi halaman utama TinyPic di:

http://www.efpage.de/eTinypic.html

Atau bisa juga langsung Download TinyPic di:

http://www.efpage.de/tools/TinyPicSetup.exe

TinyPic merupakan solusi alternatif untuk kamu yang tidak terbiasa menggunakan image editor seperti Photoshop, tapi ingin mengubah ukuran gambar untuk keperluan tertentu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini