Mengecilkan Ukuran File Menggunakan FileOptimizer

Sebelumnya PG sudah pernah membahas PNG Gauntlet yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PNG tanpa mengurangi kualitas dari file itu sendiri. Hampir sama dengan software tersebut, kali ini PG akan membahas software untuk mengecilkan ukuran file, yaitu FileOptimizer.

Jika kamu seorang blogger pasti membutuhkan software ini, karena jika ukuran dari file semakin kecil, maka saat melakukan upload hanya membutuhkan waktu yang singkat dan jelas akan lebih mudah diakses. Kalau kamu seorang yang suka mengupload data ke cloud storage, software ini juga sangat penting. FileOptimizer adalah software untuk mengoptimalkan semua jenis file tanpa terlalu mengurangi kualitas dari file tersebut.

Korupsi Ukuran File Menggunakan File Optimizer

Software ini bersifat portable, jadi kamu bisa menggunakannya dimana saja tanpa harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Software ini bisa memperkecil ukuran file dengan banyak jenis format yang didukung seperti, doc, xls, ppt, pdf, berbagai file audio dan image.

Korupsi Ukuran File Menggunakan File Optimizer

Untuk menggunakan software ini caranya sangat mudah, cukup drag dan drop folder atau file ke dalam software ini. Tapi kamu tidak bisa menambahkan banyak file atau folder, kecuali jika kamu menghapus file yang ada pada daftar. Kemudian untuk mengecilkan semua ukuran file tinggal klik kanan lalu pilih optimized, atau tekan tombol Ctrl+O.

Pengurangan ukuran file yang dioptimize cukup banyak, sebagai contoh file pdf yang awalnya berukuran 19 MB bisa dikurangi hingga 4 MB. Jadi bisa dibilang pengurangannya kira-kira 10 sampai 80 persen. Perubahan ukuran file akan dilakukan secara permanen, jadi tidak bisa dikembalikan ke ukuran file aslinya. Jadi PG sarankan salin filenya terlebih dahulu agar kamu memiliki cadangan jika terjadi suatu masalah.

Keunggulan dari FileOptimizer adalah mudah digunakan dan mendukung banyak jenis format file. Tapi kelemahannya yaitu kurangnya pilihan restorasi, settings dan preview. Walaupun begitu tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan FileOptimizer ini untuk mengecilkan ukuran file yang kamu miliki.

Download FileOptimizer

http://sourceforge.net/projects/nikkhokkho/files/FileOptimizer/

Sekarang kamu bisa upload file ke cloud storage maupun ke blog dengan ukuran file cukup kecil dari biasanya, tidak perlu lagi menunggu proses upload yang lama bukan?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Restu Gumilar

    makasih banyak share nya bro

  • regedit

    Link Error Mas

    • http://www.pusatgratis.com/ pusatgratis

      link udah PG perbaiki mas..makasi reportnya ;)

  • Yoga Aditama {NK13}

    sangat membantu nih aplikasinya
    jangan lupa kunjungi dan join di blog saya :D
    yogaaditama171.blogspot.com

  • Yoga Aditama {NK13}

    sangat membantu nih aplikasinya
    jangan lupa kunjungi dan join di blog saya :D
    yogaaditama171.blogspot.com

  • Zeus Osiris

    Makasih info nya, skrng upload file besar g jd masalah.
    Happy Blogging…..