Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Meskipun Windows sudah memberikan informasi penggunaan resource sistem secara real-time baik dalam bentuk daftar maupun grafis dengan berfokus pada CPU, Disk, Network serta kinerja memori, namun aplikasi monitoring ini masih kurang user-friendly, khususnya untuk pengguna pemula. Memang masih ada ruang untuk kustomisasi user, tweaking, dan system tray monitoring alerts.

AbpMon adalah solusi sistem monitoring menyeluruh yang memungkinkan kamu tetap bisa mengawasi penggunaan resource komputer. Dengan melakukan setting, kamu bisa dengan mudah men-set peringatan dan menspesifikkan tindakan yang perlu dilakukan bila ada masalah terjadi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang detil dan relevan terkait penggunaan CPU dan memori, TCP/IP Input/Output, Virtual Memory, File data rates, Swap File, Active Windows, dan lebih banyak lagi.

Alert meter tetap memeriksa keseluruhan kinerja dengan tetap melakukan pengawasan, peringatan yang ditentukan user dapat memicu peringatan dari system tray bila dibutuhkan. Peringatan ini biasanya muncul karena Virtual Memory rendah, Low GDI/User resource rendah, banyaknya windows aktif, dan sebagainya.

Penasaran? Coba download aplikasinya di:

http://www.iarsn.com/download.html

Setelah kamu melakukan instalasi, sebuah sidebar akan terlihat di desktop kamu, terbagi menjadi beberapa segmen. Segmen ini menggambarkan kinerja masing-masing variabel untuk monitoring dan manajemen. Pertama kali melihatnya, hanya nilai-nilai variabel yang penting disajikn pada sudut atas masing-masing segmen, tapi window yang menunjukkan grafis bergerak akan muncul bila kamu men-drag-nya dengan menggunakan mouse (untuk memperlebar tampilannya). Window ini memiliki format informasi pengaturan yang mengemukakan batas keamanan, tingkat input dan output.

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Aktivitas diberikan warna berdasarkan dengan tingkat keamanan. Makin dekat nilai sistem dengan ambang batasnya, maka warnanya akan perlahan-lahan berubah dari hijau ke merah, dengan kuning sebagai tanda optimasi resource. Untuk mengkonfigurasikan setting aplikasi menurut prioritas kamu, cukup klik di bagian mana saja pada window aktif, atau memodifikasi bagian Graphs history. Lebih lanjut, konfigurasi Tray Icon, Colors Scheme, Alerts, Accessibility dan Graphs bisa diakses dari menu ini. AbpMon menyediakan tampilan offline dan online yang dapat diakses untuk pengguna yang tidak begitu paham teknis.

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Dialog konfigurasi menyajikan berbagai macam rentang setting untuk kustomisasi pengguna. Kamu bisa dengan mudah mengontrol startup, transparency, appearance dan me-refresh nilai dengan menggunakan tab General Settings.

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Setelah menganalisis keadaan komputer, kamu bisa mengambil tindakan, misalnya membebaskan memori komputer yang penuh dengan meng-klik fitur ToDo dari tray icon.

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Graph Bar Settings memungkinkan kamu menambahkan atau menghapus sensor serta tempat, ukuran, dan fitur judul data.

Mengawasi Penggunaan Resource Komputer dengan ABPMon

Ambang batas bisa dispesifikkan dengan berbagai macam variabel dan centang pada tab Alerts Settings. Kamu bisa memilih peringatan melalui tampilan window, posisi, dan nilai yang memicu peringatan tersebut terkait pemanfaatan resource.

Aplikasi semacam ini cocok digunakan bila komputer kamu selalu “bekerja keras”, misalnya digunakan untuk memainkan game yang sering menghabiskan resource, atau server sebuah warnet yang tentu saja banyak menangani aktivitas yang menguras resource-nya. Kegunaan utamanya, apabila komputer kamu sudah di batas penggunaan maksimalnya, maka tak ada jalan lain bagi kamu untuk mematikan sejenak komputer ini demi usia-pakai yang lebih lama.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini