Mengatur USB Flash Drive dengan USB Flash Drive Control

USB flash drive atau yang lebih populer disebut dengan USB flash disk merupakan salah satu media penyimpanan external yang paling populer saat ini. Selain karena ukurannya yang kecil, praktis dan mudah dibawa, kapasitas penyimpanan dari USB flash drive juga sudah lebih dari cukup untuk menyimpan dan memindahkan data secara mobile. Karena populernya USB flash drive ini, maka seringkali banyak orang menyalahgunakan fungsinya. Misalkan saja kini banyak sekali pembuat virus, malware dan program berbahaya lainnya menyebarkannya melalui USB flash drive ini dengan memanfaatkan fitur Autorun yang dimiliki oleh windows. Masih ada banyak permasalahan lainnya yang bisa terjadi akibat penyalahgunaan USB flash drive ini. Namun anda tidak perlu khawatir, karena permasalahan tersebut bisa diatasi jika anda bisa mengatur USB flash drive di komputer anda.

Mengatur USB Flash Drive dengan USB Flash Drive Control

Bagi anda yang ingin mengatur USB flash drive di komputer anda, ada sebuah software gratis yang menarik untuk anda coba. Software ini adalah USB Flash Drive Control. USB Flash Drive Control merupakan software gratis buatan binisoft yang bisa anda gunakan untuk memanage USB flash disk di komputer anda, antara lain:

1. Mengenable dan mendisable USB flash drive.

Ketika anda mendisable USB flash drive di komputer anda, maka tidak akan ada usb flash drive yang terdeteksi di komputer anda tanpa seijin anda. Sehingga jika teman atau kerabat anda menancapkan USB flash disk di komputer anda, USB flash drive tersebut tidak akan terdeteksi. Ini bisa anda gunakan untuk mencegah tersebarnya virus dll dari USB flash disk yang tidak anda inginkan. Ini juga bisa anda gunakan untuk melindungi data di komputer anda agar tidak dicopy oleh orang lain ke flash disk mereka!

2. Fitur Dissalow Execute

Dengan fitur ini, komputer windows anda tidak akan menjalankan file exe yang ada di USB flash disk secara autorun. Seperti yang kita ketahui, fitur autorun di windows seringkali dimanfaatkan oleh pembuat virus, malware dll untuk menginfeksi komputer anda. Dengan memberikan dissalow execute ini, penyebaran virus dan malware bisa dihindari karena windows tidak akan menjalankan program apapun dari USB flash disk anda secara autorun.

3. Fitur Read only mode

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka USB flash disk yang ditancapkan di komputer anda hanya bisa dibaca tanpa bisa diisi dengan file baru. Dengan begitu, ketika ada orang lain menggunakan komputer anda, mereka hanya bisa membaca isi flash disk mereka tanpa bisa mengcopy file dll ke flash drive mereka tanpa seijin anda.

4. USB Flash Drive Control dilindungi oleh password

Hanya anda yang bisa mengatur dan menyetting USB Flash Drive Control. Hal ini karena USB Flash Drive Control hanya bisa diakses oleh anda yang memiliki password akses ke USB Flash Drive Control. Bahkan USB Flash Drive Control ini tidak bisa diuninstall jika bukan oleh anda. hal ini karena untuk menguninstall USB Flash Drive Control juga diperlukan akses password yang telah anda buat.

USB Flash Drive Control ini gratis dan sangat mudah digunakan. Anda bisa mengatur USB flash drive hanya dengan beberapa klik mouse saja. Bagi anda yang tertarik untuk menginstall USB Flash Drive Control ini, anda bisa mendownloadnya disini:

http://binisoft.net/download/usbc.exe

USB Flash Drive Control ini merupakan software kecil yang sangat bermanfaat untuk memudahkan anda dalam mengatur USB Flash Drive dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • salfadri

    setelah saya install applikasi ini ke notebook beberapa hari kemudian, setiap kali menancapkan usb dan flash disk tidak bisa terdeteksi pada hal di settingnya enable, tolong bantuannya bagaimana cara memulihkannya kembali…trrims

  • Syahman

    Numpang nanya nih gan… Gimana menginstall atau membuat drive usb untuk flash disk dikomputer windows xp sp 2,soalnya flashdisk ane tak terbaca karena nggak ada drive nya dikomputer padahal usb pornya ada dan di Device manager nya ada USB hub nya…mohon dibantu solusinya…terima kasih!

  • Pingback: Menjalankan Linux melalui USB Stick di Komputer Windows dengan Linux Live USB Creator | Pusat Gratis()

  • Sugeng Edy S

    @C Febian : makasih pencerahannya boss ….. saya cuma agak sedikit terkejut … tradisi PG biasanya, jika menemukan kondisi seperti ini .. include solusi … selama ini demikian … lhaa pas bagian ini koq tumben2nya tidak seperti biasanya (Full total) ….. jadi terasa gimana gitu … hehehehe … sekali lagi terima kasih banyak infonya …

  • Sugeng Edy S

    Koq setelah di unduh dan di install koq menu proteksinya nggak aktif … setelah dicek menu About ada minta register ….. gimana niih ??? dimona Gratisnya … mohon pencerahan …..
    makasih …..

    • @ sugeng : untuk versi gratis dan versi license memang ada beberapa perbedaan fitur. Untuk lebih lengkap tentang perbedaannya bisa dibaca di http://binisoft.net/usbc.php

      untuk fitur gratisnya, sudah sangat powerful dan bisa digunakan tanpa harus memasukkan kode lisensi..semoga membantu :)

  • kancil

    mas kenapa yg terinstal windows firewall control..salahnya dimana?

    • @ kancil dan naufal : baru saja saya cek ternyata developernya salah memberikan link download untuk USB Flash Drive Controlnya, link sudah saya perbaiki dengan link direct download USB Flash Drive Control..terima kasih banyak atas infonya dan semoga bermanfaat :)

  • naufal wiliardi

    Mas Eko, kenapa yang ter install dikomputer saya Windows Firewall Control v. 2.8……. ?!

  • naufal wiliardi

    Ini dia yang saya cari….! sangat berguna sekali
    makasih banyak mas Eko………

  • Jamal

    Mas Eko makasih ya… saya akan coba pakai ni software mudah2an aja bisa mencegah dari hal-hal yang buruk.