Mengatur Foto Berdasarkan Tanggal Pengambilannya Dengan PhotosTree

Memiliki banyak koleksi foto memang sangat menyenangkan, dengan melihatnya kita bisa mengingat kembali moment dimana foto tersebut diambil.  Tapi jika fotonya terlalu banyak dan tidak tertata dengan rapi, pasti akan bingung saat melihatnya. Kalaupun ingin menatanya secara manual pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentu melelahkan. Nah, jika kamu ingin mengatur foto dengan cara yang cepat dan praktis, maka aplikasi yang bernama PhotosTree bisa menjadi solusinya.

PhotosTree adalah aplikasi command line yang berfungsi untuk mengatur file JPEG sesuai dengan tanggal dari foto itu diambil melalui perintah command line. Untuk mengatur foto, minimal yang harus kamu lakukan yaitu memilih folder sumber dan folder tujuan. Setelah itu PhotosTree akan langsung men-scan file JPEG dan meng-copy nya kedalam folder sesuai tanggal dari foto itu diambil.

Mengatur Foto Berdasarkan Tanggal Pengambilannya Dengan PhotosTree

Folder akan diurutkan berdasarkan tahun dan akan dikelompokkan lagi berdasarkan bulan. Kamu juga bisa melakukan beberapa pengaturan seperti, menggunakan pilihan hard links (hanya untuk NTFS Drives saja). Jadi dengan menggunakan pilihan ini, kamu bisa menghemat ruang hardisk, karena file foto akan tetap berada pada lokasi asli mereka dan folder PhotosTree hanya akan berisi pointer yang akan diarahkan ke foto tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengaturan lainnya dengan mengetikkan PhotoTree.exe pada command line untuk melihat daftarnya. Nah, jika kamu menemui masalah saat menjalankan PhotosTree ini, sebaiknya kamu jalankan saja lewat command prompt. Dengan cara klik start, ketikkan cmd pada kotak search, lalu klik kanan pada icon cmd.exe tersebut dan pilih run as administrator.

Bagaimana, apakah aplikasi ini cukup bermanfaat khan? Jadi dengan menggunakan PhotosTree, semua koleksi foto kamu akan tertata dengan rapi dan komputer akan terlihat lebih bersih tanpa adanya foto-foto yang berserakan dimana-mana. Untuk bisa menggunakannya download terlebih dahulu PhotosTree melalui link berikut ini :

http://www.gasanov.net/PhotosTree.asp#.ULZfhORg-Wx


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini