Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

Ada pepatah Cina kuno mengatakan, kenalilah dirimu – maka kamu akan memenangkan 1000 pertempuran. Karena kita sekarang banyak bergerak di bidang informasi digital, maka pepatah itu PG ganti: “Kenalilah perangkat desktop dan gadgetmu, maka kamu akan memenangkan 1000 pertempuran!” Hehe…

Banyak aplikasi yang memungkinkan kamu mengumpulkan informasi tentang sistem yang kamu gunakan di PC atau laptop kamu yang merupakan perangkat desktop kamu untuk tujuan uji kelayakan (benchmarking), menilai kemungkinan upgrade, atau hanya untuk pengguna yang ingin tahu ‘dalaman’ komputernya. Salah satunya adalah PC Wizard.

Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

PC Wizard merupakan sebuah software yang dirancang untuk menganalisis dan menguji sistem komputer. PC Wizard dapat mendeteksi hardware, serta juga melakukan beberapa analisis. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi komponen sistem kamu secara detil, juga mendukung teknologi dan standar terbaru dari PC. Software ini di-update oleh developernya secara rutin untuk memberikan hasil yang akurat. PC Wizard juga merupakan perangkat yang dirancang untuk mengetes kondisi komputer kamu.

Pada saat prosedur instalasi, kamu akan ditawari untuk menginstall aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Hilangkan centang pada tawaran tersebut sehingga kamu tidak perlu menambahkan aplikasi yang tidak kamu minati.

Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

Interface PC Wizard secara langsung menampilkan ikon dari berbagai perangkat hardware yang bila di-klik akan memberikan informasi seputar hardware tersebut. Bagian atas interface menunjukkan berbagai opsi seperti File, Edit, Tools, dan View.

Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

PG berupaya memeriksa chipset dari prosesor milik PG. begitu di-klik, maka akan tampil keterangan mengenai prosesor tersebut, driver pendukung, serta juga kondisi. Ini bisa kamu jadikan referensi sehingga kamu nantinya akan memahami komputer kamu seutuhnya.

Menganalisis Sistem Komputer Kamu dengan PC Wizard

Kamu bisa mengunjungi Homepage PC Wizard di:

http://www.cpuid.com/softwares/pc-wizard.html

Atau langsung mendownload PC Wizard di:

http://www.cpuid.com/downloads/pc-wizard/2012.2.11-setup.exe

PC Wizard bisa menganalisis berbagai bentuk hardware seperti kinerja CPU, kinerja Cache, hard disk, RAM, CD/DVD-ROM, FLASH Media, MP3, Video, dan banyak lagi. Aplikasi ini akan sangat cocok untuk kamu yang masih awam tentang hardware dan ingin tahu lebih banyak tentang hardware PC atau laptop yang kamu miliki.

Alternatif lain dari PC Wizard yang bisa kamu gunakan adalah System Spec, HWiNFO32, serta Free PC Audit Portable.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini