Mengambil Gambar di Monitor dengan Menggunakan Gadwin Screen Capture

Jika anda sedang mengerjakan tugas untuk membuat tutorial atau pekerjaan yang berhubungan dengan mengambil gambar di layar monitor anda, pasti yang anda lakukan adalah menggunakan fitur PrintScreen yang ada di Windows. Tapi tidak semuanya bisa menggunakan fitur ini, dikarenakan tombol keyboard Prt Scr letaknya berbeda-beda pada seriap komputer atau Notebook.

Jadi apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi permasalahan anda? Apakah anda tetap menggunakan fitur Print Screen dari windows dan berusaha menemukan shortcutnya pada keyboard anda? Menurut saya yang harus anda lakukan adalah menginstall software satu ini, Gadwin PrintScreen.

Gadwin_PrintScreen

Gadwin PrintScreen adalah software untuk mengcapture screen atau mengambil gambar pada layar monitor anda secara mudah. Cara print screen di windows menggunakan Gadwin PrintScreen tidak serumit yang anda kira. Anda hanya menekan shortcut yang anda buat sendiri dan klik, maka desktop anda akan lagsung tercapture. Apakah anda ingin mendapatkan software ini?

Anda tidak perlu membayarnya yang harus anda lakukan download Gadwin PrintScreen disini:
http://www.snapfiles.com/get/gprintscreen.html

Setelah anda mendapatkan Gadwin PrintScreen, install pada komputer anda:

Gadwin_PrintScreen_Installasi

Kemudian setting shortcut yang anda gunakan untuk memprint screen layar monitor anda:

Gadwin_PrintScreen_Option1

Jika anda ingin mengatur capture area, anda bisa melakukannya pada menu Source. Dsini anda disedikan 4 pilihan yaitu:

  • Current Window – untuk mengambil gambar pada window yang anda pilih
  • Client Window – Fungsinya hampir sama dengan Current Window
  • Full Screen – Untuk mengambil gambar secara keseluruhan
  • Rectangular Area – Untuk menscreen capture dengan seleksi yang anda inginkan

Gadwin_PrintScreen_Option2

Untuk pengaturan penyimpanan gambar anda bisa melihatnya di menu Destination. Di Setting ini anda mengatur mengcopy capture pada clipboard, langsung mengprint capture, mengirim capture lewat email, menentukan nama capture, dan menentukan file capture disimpan.

Gadwin_PrintScreen_Option3

Anda juga bisa mengatur setting gambar capture pada menu Image. Disini anda bisa mengatur output dari gambar capture. Ada 5 format output capture yang disediakan diantaranya; BMP, JPG, GIF, PNG dan TIFF. Selain itu juga ada setting merize atau memperkecil gambar yang telah kita capture. Kita juga bisa menentukan kualitas gambar, image shadow, dan memberi efek hitam putih. Yang paling mengesankan dari Gadwin PrintScreen, kita bisa memberi watermark atau stamp.

Gadwin_PrintScreen_Option4

Bagaimana menurut anda mengenai software Gadwin PrintScreen ini? Sekarang anda bisa mengerjakan tugas anda dengan santai dan tidak usah pusing mencari shortcut Print Screen pada keyboard anda. Jika anda terbantu dengan artikel ini klik like, tweet, atau plus one. Jangan lupa juga untuk menshare dengan teman atau sahabat anda mengenai artikel yang satu ini, indahnya berbagi bukan :).


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini